Bupati Pohuwato Ingin Pembangunan Bandara di Pohuwato Dipercepat – REPUBLIKPOS.COM
alterntif text
Nasional

Bupati Pohuwato Ingin Pembangunan Bandara di Pohuwato Dipercepat

alterntif text

Republikpos, Jakarta – Bupati Pohuwato Syarif Mbuinga ingin pembangunan bandara di Pohuwato dipercepat. Hal ini disampaikan pada rapat guna membahas perizinan perubahan fungsi hutan lindung menjadi hak pengelolaan bandara di kantor Dirjen Planologi dan Tata Lingkungan, Rabu (5/11).

Percepatan pembangunan bandara ini akan mendatangkan banyak manfaat bagi Pohuwato terutama di sektor pertanian dan perikanan, dan juga membantu Bandara Djalaludin menampung penumpang di Gorontalo.

Kepala Dinas Perhubungan dan Pariwisata Yunus Mohamad mengatakan anggaran untuk bandara sudah dimulai tahun 2016 dan di tahun 2018 ini sudah dianggarkan.

“Di 2016 kita sudah ada anggaran 15 milyar untuk membangun runway dan di 2018 dapat anggaran 21 milyar, namun belum bisa dikerjakan karena hambatan mengenai hutan lindung,” ungkapnya

“Saat ini panjang runway sudah 810 meter, namun itu sudah mengenai hutan lindung, maka kami minta pelepasan 41 hektar hutan lindung untuk pelebaran kawasan bandara” tambahnya.

Dengan dibangunnya Bandara Baru Pohuwato, kata Yunus Mohamad, akan memberi manfaat di sektor ekonomi Gorontalo.

“Kalau bandara sudah dibangun, untuk wilayah timur Gorontalo bisa lebih mudah diakses, dan juga Pohuwato merupakan Kota Bandeng. Pengiriman bandeng ke Makasar dan Jawa yang biasanya lewat laut dan darat akan bisa dipercepat dengan lewat udara,” jelasnya.

Seperti diketahui, perencanaan pembangunan bandara Pohuwato ini mengalami hambatan karena mengenai kawasan hutan lindung. Bupati Pohuwato sudah meminta izin kepada pemerintah pusat untuk memindahkan fungsi hutan lindung menjadi hak pengelolaan.

“Kita harus percepat penggarapan bandara itu karena sudah mau tutup buku APBD, sedangkan anggaran sudah tersedia,” ungkap Bupati Pohuwato Syarif Mbuinga.

Penulis: Larasati Widya

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top