Dari Sidang Paripurna Pengesahan APBD Kabgor TA 2019, Ini yang Disampaikan Bupati Nelson – REPUBLIKPOS.COM
alterntif text
Daerah

Dari Sidang Paripurna Pengesahan APBD Kabgor TA 2019, Ini yang Disampaikan Bupati Nelson

alterntif text

Republikpos, Limboto – Bupati Gorontalo Prof. Nelson. Pomalingo memberikan sambutan pada Sidang Paripurna DPRD Pembahasan Pengesahan Ranperda APBD 2019. diruang Sidang DPRD Kabupaten Gorontalo Jum’at (30/11).

Turut Hadir Ketu Wakil Ketua dan Anggota DPRD Kabupaten Gorontalo, Forkominda Kabupaten Gorontalo, Sekretaris Daerah kabupaten Gorontalo Ir. Hadijah U. Tayeb. MM, Para Asiten Staf Ahli. PImpinan OPD serta Camat se Kabupaten Gorontalo.

Dalam sambutanya Bupati Prof. Nelson. Pomalingo menyampaikan terima kasih dan penghargaan setingi-tinginya kepada anggota DPRD sehingga agenda Pembahasan Ranperda APBD 2019 merupakan sesuatu yang baik sehingga agenda pembahasan ranperda APBD telah memasuki sidang keempat, tentunya berkat keseriusan, pengorbanaan waktu, tenaga dan fikiran kami yakin telah memberikan bobot pada angka – angka yang tertuang dalam RAPBD 2019.

Seperti disampaikan tadi, ada beberapa hal dalam penurunan pada alokasi khusus, bagi hasil termasuk BID, tetapi dibagian lain telah terjadi peningkatan seperti Dana Desa, dana Kelurahan serta beberpa anggaran lainya sehingga diakumulasi APBD 2018 2019 terjadi kenaikan sejumlah 85 miliyar.” ucapnya

Lanjut Nelson RAPBD merupakan Rencana Keuangan Pemerintah Daerah yang memeuat hak dan kewajiban yang akan dicapai dan dilaksanakan dalam satu tahun anggaran, untuk itu mengingat fungsi APBD sebagai pedoman pelaksanaan hak dan kewajiban Pemerintah Daerah maka sudah selayaknya angka – angka tertuang slah satu estimasi yang terukur, realitas dan akuntabel.

” Lebih jauah lagi, APBD instrumen yang memainkan fungsi alokasi, distribusi dan stabilitasi maka selakyaknya APBD akan berdampak positif pada pertumbuhan ekonomi, penurunan pengangguran dan kesenjangan, mencegah terjadinya pemborosan sumber daya serta mampu memeberikan landasan fundamental bagi perekonomian daerah

Kami memahami bahwa dengan dilaksanakannya paripurna keempat hari ini adalah bukti kongrit kinerja legislatif dalam mengembangkan harapan dan amanah rkayat sehingga apa yang diungkapkan dalam tahapan agenda sidang pembahasan RAPBD akan menjadi masukan positif bagi Pemerintah Daerah.” ujar Nelson.

Di akhir sambutanya ia Nelson mengatakan pada prinsipnya kami sejalan dengan konsep dengan konsep bapak/ibu anggota DPRD bahwa kepentingan masyarakat harus menjadi skala prioritas yang kita pertimbangkan dalam penyusunan RAPBD ini. Olehnya adanya silang pendapat yang terjadi pada pembahasan RKA SKPD adalah kondisi normatif yang memang wajar terjadi dalam sebuah proses pengambilan keputusan.

Jika demikian kita semua telah memberi sumbangan untuk kematangan sebuah konsep kebijakan publik yang sangat vital dan strategis bagi kelangsungan pembangunan daerah ini. Dalam 1 atau 2 hari kedepan kami akan menyampaikan Ranperda APBD 2019 kepada pemerintah provinsi untuk dievaluasi sebagai ketentuan yang berlaku. Pemerintah daerah berharap proses ini akan terlaksana secepat mungkin dan tidak mengalami kendala yang berarti dalam pelaksanaanya nanti.

Adapun masukan yang akan diberikan oleh Pemerintah Provinsi kami yakin semata – mata bertujuan dalam menciptakan keselarasan dan keharmonisan pembagunan antar daerah di Provinsi Gorontalo, anggaran yang telah disusun bersama akan menjadi sebuah konsep tampa komitmen bersama untuk mengsuksenkanya untuk itu marilah kita kawal bersama pelaksanaan APBD sebagaimana semangat dan cita – cita kita semua.

Kami Pemerintah Daerah Kabupaten Gorontalo sangat membutuhkan peran aktiv dari segenap stakholder yang ada untuk terus memantau, mengevaluasi dan melaporkan pelaksanaan anggaran dapat berjalan sebagaimana harapan kita bersama. Anggaran bukanlah milik sekolompok orang atau segelintir golongan tertentu, melainkan milik seluruh masyarakat kabupaten Gorontalo.

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top