328 Cakades Gorut Ikut Rakor Pilkades Serentak – REPUBLIKPOS.COM
alterntif text
Daerah

328 Cakades Gorut Ikut Rakor Pilkades Serentak

alterntif text

Republikpos, Gorut – Sebanyak 328 Calon Kepala desa menghadiri Acara Rapat Koordinasi Tim Terpadu Penanganan Konflik Sosial dalam rangka Pilkades Serentak tingkat Kabupaten Gorontalo Utara tahun 2018, Jumat (30/11) kemarin bertempat di Halaman Kantor Pemberdayaan Masyarakat desa (PMD) Gorut. Rakor Pilkades tahun 2018 ini dibuka dan dipimpin langsung Bupati Gorontalo Utara Dr.Hi. Indra Yasin,MH didampingi Unsur Muspida Kabupaten Gorut, Kepala Dinas BPMD Gorut, dan Para Camat se-Gorut.

Dalam penyampaiannya, Bupati Indra Yasin mengungkapkan bahwa Pilkades adalah salah satu wujud pelaksanaan demokrasi di Indonesia. Pilkades di Daerah Gorut sendiri Tidak beda jauh dengan Pilkada, pilpres maupun Pileg. Sehingga tidak heran bahwa di daerah Gorut akhir-akhir ini mengemuka hiruk-pikuk persaingan antara calon kepala desa yang terasa hingga di Ibu kota Kabupaten Gorontalo Utara. Dengan jumlah yang begitu banyak yakni 328 peserta Pilkades baik Incumben maupun Calon Baru begitu banyak peminatnya di Gorut.

“Ya, bahkan Tahun ini ada salah satu desa yang mencalonkan 6 orang. Sehingga harus digugurkan salah satunya sesuai undang-undang aturan yang berlaku,” ungkap Bupati Indra Yasin.

Sehingganya, tahapan Pilkades di 90 desa se-Gorut ini kerap menjadi perhatian serius masyarakat dan Pemerintah daerah. Tak jarang pula ada aksi demo tentang Pilkades.

“Kami (Pemerintah daerah) menyambut baik masukan tersebut sebagai bentuk demokrasi. Layaknya suatu pesta pasti ada keributan kecil. Akan tetapi pesta tetap jalan. Mudah-mudahan hasil yang diharapkan terbaik bagi daerah Gorut,” imbau Bupati 2 periode ini.

Lebih lanjut Bupati menilai yang sudah mendaftar pada Pilkades tahun ini adalah yang terbaik dan dipilih oleh rakyat. Karena begitu banyak sumber daya manusia di desa, sehingga perlu ada deklarasi seluruh calon kepala desa untuk siap kalah dan siap menang.

“Saya berharap di Gorut jangan ada yang kalah membawa massa pendukung untuk memprotes hingga di tingkat Kabupaten. Kita patut mencontohi demokrasi Di kabupaten belum lama ini. Pilkada saja bisa aman, di desa juga harus aman. Ciri khas di daerah Gorut, setelah Pilkades semua harus saling mendukung. Yang kalah menghormati yang menang, Yang menang merangkul yang kalah,” pungkas Bupati Indra Yasin.

Sementara itu, Kepala Dinas PMD Gorut, Abdullah Bakari dalam laporannya mengungkapkan pilkades serentak tahun 2018 ini akan diikuti oleh 328 calon Kepala Desa di 90 desa yang ada di Kabupaten Gorut.

“Dan tahapannya sudah dalam tahapan kampanye hingga pengambilan nomor urut masing-masing. Hanya saja ada satu desa sampai hari ini belum masuk dalam tahapan pengambilan nomor urut yakni desa Kulowoka, Kecamatan Sumalata Timur. Pemerintah daerah berharap para Calon kepala desa bisa mengamankan pendukungnya masing-masing mulai dalam tahapan Kampanye hingga selesai pemilihan kepala desa nanti,” harap Abdullah Bakari.

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top