Nelson Resmikan 672 Rumah Layak Huni di Boliyohuto – REPUBLIKPOS.COM
alterntif text
Daerah

Nelson Resmikan 672 Rumah Layak Huni di Boliyohuto

alterntif text

Republikpos, Limboto – Memperingati hari ulang tahun Kabupaten Gorontalo, Bupati Nelson Pomalingo meresmikan rumah layak huni (mahyani) sebanyak 672 rumah di Desa Sidomulyo Selatan Kecamatan Boliyohuto, Selasa (27/11).

Dikatakan nelson, peresmian 672 mahayani kali ini merupakan kado ulang tahun untuk Kabupaten Gorontalo yang ke 345 khususnya untuk masyarakat Kecamatan Boliyohuto.

“Rumah layak huni itu dalah bagian dari program 2600 unit rumah yang dibangun tahun 2018, dimana Kecamatan Boliyohuto mendapatkan sebanyak 672 rumah.”

Nelson menambahkan, kedepan program ini masih akan terus dilanjutkan untuk menyapa warga masyarakat yang masih membutuhkan rumah layak huni untuk ditempati.

Semetara itu, Kepada Dinas Perumahan dan Pemukiman Kabupaten Gorontalo, Syamsul Baharudin menyampaikan, Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) dengan sasaran tuntas desa dan tuntas kecamatan ini didanai dari Dana Pinjaman Hibah Luar Negeri (PHLN) melalui Kementrian PU-PR.

“Khusus Kecamatan Boliyohuto totalnya 13 Desa dengan jumlah 672 rumah, masing-masing Rp. 15.000.000 per rumah dengan total anggaran sebesar Rp. 10,08 Milyar. Dari 672 Rumah di Kecamatan Boliyohuto, terbagi Desa Potangan 65 rumah, Bongoayu 67, Diliniyohu 55, Tolite 67, Iloheluma 60, Parungi 60, Dulohupa 63, Motoduto 60, Sidodadi 36, Sidomulyo Selatan 34, Mongolito 35, Bandung Rejo 34 dan Sidomulyo 36 rumah.” Jelas Syamsul

Lanjutnya, terwujudnya program ini tidaklah mudah. Semua berkat perjuangan pemerintah daerah melalui loby-loby Bupati Gorontalo.

“Untuk mempercepat penanganan Rumah Layak Huni ini dan menekan angka kemiskinan, kami berharap pemerintah Desa juga memprogamkan pembangunan rumah melalui alokasi dana desa. Minimal dua rumah, sehingga jika terlaksana maka target penanganan 2000 rumah pertahun akan lebih mudah bisa dicapai.” Tandasnya. (Irf/Hms)

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top