Bakal Ada Mako Lanal di Gorontalo Utara - REPUBLIKPOS.COM
alterntif text
Daerah

Bakal Ada Mako Lanal di Gorontalo Utara

alterntif text

Republikpos, Gorut – Dalam waktu dekat, Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut) bakal dibangun Markas Komando (Mako) Pangkalan TNI-AL (Lanal) yang akan ditunjang dengan Dermaga AL, serta dilanjutkan dengan pembangunan Mako Gugus Keamanan Armada II.

Hal tersebut terungkap saat Bupati Gorontalo Utara, Dr.Hi.Indra Yasin,MH menerima kunjungan dari pihak TNI-AL, Danlanal Gorontalo Letkol Laut (P) Tonny Sundah, M.Tr, Hanla yang membahas tentang hibah lahan pembangunan tersebut, di Ruang Kerja Bupati Gorut, Rabu (28/11) Kemarin. Bupati Indra menyampaikan apresiasi dan dukungan sepenuhnya rencana pembangunan Posko dan Mako AL guna memperkuat wilayah Batas Perairan Utara Indonesia.

“Ya, pemerintah sangat mendukung rencana dan pergerakan ini, apalagi ini tujuannya memperkuat pertahanan laut di wilayah Utara pulau Sulawesi, tepatnya yang melalui wilayah Perairan Gorontalo Utara” ungkapnya.

Bupati menjelaskan, untuk pembangunan Mako Lanal, pemerintah secepat mungkin akan melakukan peninjauan lokasi yang cocok.

Untuk pembangunan Dermaga TNI-AL milik Mako Lanal sendiri, lahan seluas 20 hektar sudah disiapkan, yang berlokasi di sebelah selatan Kecamatan Anggrek.

Selain dari segi keamanan, bupati mengatakan, hadirnya Mako Lanal ini pasti berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat.

alterntif text

“Tentu dengan hadirnya Lanal ini pastinya Gorut akan semakin ramai, dan dengan kapal-kapal TNI-AL yang bersandar di dermaga yang akan dibangun itu, mereka akan membeli kebutuhan seperti pasokan makanan yang nantinya digunakan dalam waktu lama, baik seminggu bahkan sebulan lamanya di laut. Itu contoh kecilnya,”

Sementara itu, Letkol Laut (P) Tonny Sundah, M.Tr, Hanla, saat diwawancarai mengakui, dengan laut terpanjang di Provinsi Gorontalo, tentunya Gorut sangat harus lebih waspada terhadap ancaman konflik daerah tetangga di wilayah Asia Pasifik.

“Ya, dengan luas 317 km, di depan Gorut ini berhadapan langsung dengan Negara Tetangga yang notabenenya ancaman langsung dari laut terbuka, yaitu area konflik seperti Cina, Philipin, Vietnam dan Amerika, oleh sebab itu tujuan kami mencegahnya lebih awal,” ungkap Danlanal Gorontalo ini.

Dirinya berharap, pembangunan bisa dilaksanakan secepatnya, agar kekuatan pertahanan Gorut, terutama dari sisi laut bisa lebih kuat.

“Kami berharap rencana ini secepatnya dibangun, apalagi melihat antusias pemerintah yang mendukung penuh rencana ini, dan sesuai pembahasan dengan bupati rencananya akan dimulai pada 2019. Sehingga bilamana ada ancaman yang datang secepatnya juga bisa kita minimalisir,” Letkol Tonny. (*)

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top