Nelson Ingin SID Hadir Di Seluruh Desa - REPUBLIKPOS.COM
Daerah

Nelson Ingin SID Hadir Di Seluruh Desa

Republikpos, Limboto – Sistem Informasi Desa adalah bagian tak terpisahkan dalam implementasi Undang-Undang Desa. Dalam Bagian Ketiga UU Desa Pasal 86 tentang Sistem Informasi Pembangunan Desa dan Pembangunan Kawasan Perdesaan jelas disebutkan bahwa desa berhak mendapatkan akses informasi melalui sistem informasi yang dikembangkan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten atau Kota.

Melalui penyajian sistem digital yang diberi nama sistem informasi desa (SID) saat ini berbagai potensi dusun ke dusun disajikan dalam SID yang terintegrasi di kantor desa dan dikendalikan oleh tim IT yang handal. Semua data penduduk dan potensinya sudah ada di dalamnya.

Adapun data penduduk yang bisa di akses yaitu dari jumlah penduduk, profil kesehatan, jumlah bayi kurang gizi, jumlah ibu hamil, kemiskinan, pendidikan kesehatan dan sebagainya.

Salah satu keuntungan dari sistem ini adalah ketika sistem ini terbuka, masyarakat bisa mengsahre data dan bisa dicetak langsung melalui Printer monitor yang ada di Kantor desa.

Salah satu desa di kabupaten Gorontalo yaitu Desa Hutadaa, Kecamatan Telaga Jaya sudah memiliki sistem ini

Bupati Gorontalo Prof.Nelson Pomalingo saat melaunching sistem informasi desa ini memberikan dukungan dan apresiasi atas kreatifitas aparat desa dan jajarannya.

Dalam penyampaiannya Nelson mengatakan sistem informasi desa ini merupakan sistem digital, “Tidak zaman lagi berlama-lama mencari data, data harus lengkap dan akurat, dan nmdel penyajian data ini akan menjadi pilot project untuk desa di Kabupaten Gorontalo,” ujar Nelson.

Nelson menambahkan bahwa ia yakin perkembangan suatu desa dapat lebih baik tergantung pemimpinnya. “dengan leadirship, kades dan camat maka bupatinya juga akan hebat. Kata kuncinya di  desa, karena apapun yang saya buat  tidak bisa berkembang jika desa tidak menerimanya dengan baik,” tambah Nelson.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top