100 Ilmuwan Berkumpul, Lahirkan Konsep Kesepahaman Saronde – REPUBLIKPOS.COM
Daerah

100 Ilmuwan Berkumpul, Lahirkan Konsep Kesepahaman Saronde

REPUBLIKPOS (GORUT) – Kunjungan 100 ilmuan yang terdiri dari Dekan Fakultas Perikanan dan Kelautan seluruh Indonesia di Kabupaten Gorontalo Utara tepatnya di Pulau Saronde, Kamis (8/11) kemarin telah melahirkan Konsep kesepakatan bersama antara Pemerintah daerah Kabupaten Gorontalo Utara dengan Tim Excursion Sceintific Discussion yang diprakarsai oleh Forum pimpinan Perguruan Tinggi Perikanan dan Kelautan Indonesia (FP2TPKI).

Hasil dari diskusi Ilmiah yang dilaksanakan di Objek Wisata Pulau Saronde ini disebut dengan ‘Kesepahaman Saronde 2018’. Kesepahaman Saronde 2018 sendiri tergolong unik. disamping karena konsep kesepahaman yang disusun dalam waktu yang cukup Singkat, juga konsep kesepahaman ditulis tangan dan ditandatangani oleh Bupati Gorontalo Utara DR.Hi.Indra Yasin,MH dan ketua tim FP2TPKI DR.Luky Adrianto, serta disaksikan oleh Wakil Bupati Terpilih, Thoriq Modanggu dan Dekan Fakultas Perikanan Kelautan (FPKI) Universitas Negeri Gorontalo (UNG) Abdul Hafidz Olii,M.Si.

Dari isi konsep Kesepahaman bersama tersebut menjelaskan bahwa dalam rangka pengembangan daerah Gorontalo Utara Sebagai basis utama Poros Maritim Utara Indonesia, maka Pemerintah daerah bersama-sama dengan Forum FP2TPKI bersepaham untuk membangun kerjasama yang Progresif dan berkelanjutan dalam bidang perikanan dan kelautan.

Bentuk kerjasama ini nantinya akan ditindaklanjuti oleh pemerintah Kabupaten Gorontalo Utara dan pimpinan FP2TPKI melalui memorandum Of Understanding (MOU) sesuai dengan peraturan Perundang-undangan yang berlaku.

Bupati Gorontalo Utara Indra Yasin menyambut baik lahirnya Konsep Kesepahaman bersama antar Pemda Gorut dengan Pihak FP2TPKI guna kemajuan dan perkembangan Potensi Perikanan, Kelautan dan Kepariwisataan di Daerah Gorut. Karena menurut Bupati Indra Yasin, dengan adanya kunjungan para Ilmuan di Daerah Gorut dapat memberikan sumbangsi pemikiran dari hasil diskusi ilmiah yang mampu menjadi masukan bagi pemerintah daerah Gorut dalam menentukan kebijakan khususnya untuk meningkatkan hasil Perikanan dan Kelautan juga penghasilan masyarakat nelayan yang ada di daerah.

Sementara itu, Wabup terpilih, Thoriq Modanggu menambahkan konsep lahirnya Kesepahaman bersama ini tentunya berdampak pada kemajuan daerah secara menyeluruh.

“Dengan melihat potensi yang begitu luar biasa, dengan 52 Pulau dan garis panjang pantai terpanjang di Provinsi Gorontalo yakni 317 KM, maka peluang tersebut harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Sehingganya dalam forum diskusi dengan Para ilmuan ini, lahir konsep Baru seperti Sains Island, kemudian Poros Maritim Indonesia Utara, dan kerjasama khusus dibidang peningkatan SDM Daerah Gorut dengan mengirimkan Putra-Putri terbaik untuk dikuliahkan di Fakultas Perikanan dan Kelautan se-Indonesia. Dan Saya rasa inilah inti dari pertemuan dan hasil kesepahaman bersama Antara Pemda Gorut dengan tim FP2TPKI ini,” pungkas Wabup Terpilih periode 2018-2023. (*)

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top