Bupati Nelson Hadiri Pada Evaluasi Pelaksanaan Pembangunan Pemberdayaan Perempuan dan Anak – REPUBLIKPOS.COM
Daerah

Bupati Nelson Hadiri Pada Evaluasi Pelaksanaan Pembangunan Pemberdayaan Perempuan dan Anak

REPUBLIKPOS (LIMBOTO) – Bupati Gorontalo Prof.Nelson Pomalingo menghadiri sekaligus memberikan sambutan pada Evaluasi Pelaksanaan Pembangunan Pemberdayaan Perempuan dan Anak, selasa ( 6/11 ) di Bappeda Provinsi Gorontalo.

Kegiatan tersebut dihadiri juga Sekrtetaris Daerah Provinsi Gorontalo Dr. Ir. Darda Daraba, M.Si, Asisten Deputi Gender Bidang Infrastruktur dan Lingkungan Ibu Niken Kiswandari, Ketua Tim Verifikasi Anugerah Parahita Ekapraya (APE ) Dr. Wahyu Hartono, Ketua Bapppeda Provinsi Gorontalo, Budiyanto Sidiki, S.Sos,  M.Si, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Gorontalo, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, serta OPD Kabupaten yang Terkait.

“Dalam mewujudkan Visi dan Misi menuju kabupaten Gemilang, pemerintah Kabupaten Gorontalo berkomitmen melaksanakan Pengarusutamaan gender di berbagai Bidang pembangunan sehingga mengantarkan kabupaten Gorontalo meraih Penghargaan Aungerah Parahita Ekapraya (APE) Kategori utama pada Tahun 2016” kata Nelson.

Sasaran Pembangunan yang hendak dicapai dalam rangka Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak di antaranya adalah tercapainya keadilan dan Kesetaraan Gender dalam berbagai Aspek, namun hingga saat ini  Capaian mengenai hal tersebut belum Optimal.

Berdasarkan Gender Development Indeks (GDI) menunjukan masih adanya kesenjangan Gender antara Perempuan dan Laki Laki, dengan Partisipasi Perempuan yang masih rendah. Fakta inilah yang membuat Perhatian Pemerintah terhadap Penyelesaian masalah Pemberdayaan perempuan  untuk mendorong terciptanya kesetaraan dan keadilan Gender.

Menurut Nelson Langkah Strategis dalam mewujudkan Kesetaraan Gender dalam pembangunan, adalah dengan menerapkan Strategis Pengarustamaan Gender. Strategi yang di bangun untuk mengintegrasikan Perspektif Gender menjadi satu dimensi Integral dari Perencanaan, penyusunan, pelaksanaan pemantauan dan evaluasi atas Kebijakan dan Program Pembangunan.

Dalam upaya percepatan kelembagaan Pengarusutamaan Gender di Kabupaten Gorontalo maka dituntut adanya kemampuan dan keterampilan SDM serta di dukung komitmen tinggi dari para pengambil keputusan PUG di Kabupaten Gorontalo di tuntut harus lebih konkrit dalam system perencanaan dan penganggaran, untuk membantu meningkatkan kemampuan dan keterampilan Sumber Daya Manusia dalam menerapkan perencanaan dan penganggaran yang responsif Gender, khususnya dalam penyusunan analisis gender GAP dan GBS terhadap dokumen rencana kerja di OPD masing-masing, kata Nelson dalam sambutannya.

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top