Aleg Gorut Soroti Kondisi Sungai Tolango – REPUBLIKPOS.COM
Daerah

Aleg Gorut Soroti Kondisi Sungai Tolango

REPUBLIKPOS (GORUT) – Kondisi Sungai Tolango yang berada di Dusun Mutiara, Desa Tolango, Kecamatan Anggrek, Kabupaten Gorontalo Utara sampai dengan saat ini masih dalam kondisi yang sangat memperihatinkan. Kurangnya perhatian dari dinas terkait baik itu dari pihak kabupaten dan provinsi membuat kondisi sungai tersebut terlihat parah dan sangat memprihatinkan.

Wakil rakyat dari Dapil Anggrek, Lukum Diko saat diwawacarai perihal kondisi sungai itu mengatakan, bahwa kondisi Sungai Tolango yang memperihatinkan sudah lama terjadi, bahkan pihaknya bersama warga sudah menyurati pihak terkait baik itu pihak terkait yang ada di kabupaten maupun yang ada di provinsi.

“Kami sudah berupaya menjalin koordinasi dengan pihak terkait,akan tetapi sampai dengan saat ini pihak terkait tidak pernah melaksanakan realisasi terhadap kondisi sungai yang ada di Tolango,” kata Lukum Diko.

Lukum juga menambahkan, pihak Balai Pemantapan Kawasan Hutan (BPKH) Provinsi Gorontalo serta pihak Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Gorut, seharusnya menseriusi aduan dari masyarakat, bahkan lebih parahnya lagi pihak OPD terkait hanya melakukan monioring hingga beberapa kali tanpa ada realisasi dilapangan.

“Sesuai dengan hasil pantauan kami dilapangan, kedua instansi ini hanya melakukan monitoring secara terus-menerus, tanpa ada realisasi,” tukas Lukum.

Sementara itu ditempat terpisah, Hamid Ishak (61) salah seorang warga Tolango mengatakan, dia bersama beberapa warga sudah beberapa kali menghadap ke instansi terkait, akan tetapi sampai dengan saat ini tidak pernah ada kejelasan untuk memperbaiki kondisi Sungai Tolango yang sudah dalam kondisi yang sangat memprihatinkan.

“Kami merasa di jadikan bola pim pong oleh pihak pemerintah, kalau sungai tersebut tidak segera dilakukan pengerukan dan pembersihan, dengan kondisi curah hujan yang tinggi, di khawatirkan aliran sungai bisa meluap ke pemukiman warga sekitar.” pungkasnya.

 

Penulis: Matris Salim

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top