Dekab Gorontalo Gelar RDP Soal Penutupan Tambang Pasir – REPUBLIKPOS.COM
Daerah

Dekab Gorontalo Gelar RDP Soal Penutupan Tambang Pasir

Republikpos, Limboto – Tidak memiliki izin, kegiatan galian penambangan pasir di Sungai Tuniliita, Desa Pangadaa, Kecamatan Dungaliyo, Kabupaten Gorontalo sementara dihentikan.

Karena hal ini berkaitan dengan keberlangsungan hidup masyarakat sekitar sungai tersebut, Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gorontalo, Senin (5/11), menggelar rapat dengar pendapat (RDP) terkait masalah tersebut dengan mengundang sejumlah instansi terkait.

“Memang proses galian C tersebut tak punya izin dari instansi terkait sementara disisi lainnya ada puluhan masyarakat yang mengantungkan hidupnya dari kegiatan menambang di lokasi tersebut. Sehingga ini yang kita coba cari solusinya dengan mengundang sejumlah instansi terkait termasuk pemilik galian C,” ungkap Ketua Komisi lll Ali Polapa yang diwawancarai seusai RDP.

Disisi lain, kata Ali, jika aktivitas penambangan pasir tersebut tetap diteruskan, akan banyak masalah yang muncul dan salah satunya akan menemui resiko kerusakan yang fatal.

“Contohnya saja banjir yang terjadi beberapa waktu lalu itu akibat kerusakan dan jebolnya tanggul besar hingga sejumlah titik tergenang,” jelas Ali.

Lebih lanjut Ali menjelaskan, dengan adanya RDP ini, pihaknya akan berupaya mencarikan solusi terbaik untuk semua pihak. Untuk itu, Komisi III DPRD Kabupaten Gorontalo sepakat untuk melakukan kunjungan ke lokasi tersebut.

“Rencananya besok (selasa.red) kami akan turun lapangan dan melihat langsung kondisi bersama sejumlah instansi terkait, dengan begitu kita bisa lihat mana titik-titik yang bisa dilakukan penggalian dan mana yang tidak bisa ataupun rawan dari proses penggalian,” ujar Politisi PDIP ini.

Anggota legislatif dua periode ini berharap, dengan adanya kunjungan ke lokasi tersebut, pihaknya dapat melihat langsung kondisi lokasi pertambangan pasir disana.

“Semoga bisa mendapatkan solusi terbaik, karena intinya kami tak melarang adanya pekerjaan galian C, tetapi dimana lokasi penambangan yang tak akan menimbulkan persoalan dan berimbas pada kerusakan lingkungan,” tandasnya.

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top