Tanzania Kirim Menterinya Untuk Belajar Soal Kelapa Di Kabgor – REPUBLIKPOS.COM
Daerah

Tanzania Kirim Menterinya Untuk Belajar Soal Kelapa Di Kabgor

REPUBLIKPOS (LIMBOTO) – Sukses menerapkan Program pertanian terpadu di Kabupaten Gorontalo, Bupati Prof Nelson Pomalingo membuat banyak dilirik dan mendapat perhatian dari berbaga daerah di Indoensia atau luar negeri untuk mengadopsi konsep tersebut. Belum lagi,pada bidang perkebunan selaku ketua Kopek,Nelson bekomitmen mengembalikan kejayaan kelapa indonesia dari Gorontalo.

terobosan -terobosan inilah membuat presiden Tanzania memerintahkan duta besar tanzania melihat langsung pengembangan kelapa di Kabupaten Gorontalo pada beberapa bulan kemarin.tak hanya itu,untuk lebih meningkatkan hubungan kerjasama, jumat (02/11), kembali presiden tanzania mengirim menteri Pertanian, peternakan, perkebunan dan Sumber Daya Alam (SDA) Pemerintah Tanzania Rashid Ali untuk belajar soal sektor pertanaian dan perkebunan di Kabupaten Gorontalo.

Bupati Gorontalo Prof. Nelson Pomalingo, mengatakan kunjungan menteri ini,pertama hasil kunjungan ambasador duta besar Tanzania dan kedua,saya di undangan presiden tanzania tiga bulan lalu di jakarta. sehingga, Kata Bupati Nelson,mereka terkesan dan mereka mendorong untuk kerjasama dengan Gorontalo, ”Kebutulan,hari ini ambasador atau keduataan tidak ada Di Indonesia,padahal hubungan indonesia dengan tanzania sudah begitu besar,” Jelas Nelson

Karena,kata ia,waktu mereka merdeka pertama kita yang membuka keduataan besar disana tapi hubungan kerjasama belum terlalu baik.

“Padahal dari sisi religi,kita 99 persen Islam,mereka juga islam,” Pungkas Nelson.

kemudian,Nelson menyampaikan dari sisi lingkungannya hampir sama,sumber alamnya seperti kelapa banyak,cengkeh dan jagung.Nah,itu hampir sama dengan Gorontalo sehingga mereka melihat Gorontalo lebih maju dari sisi budidaya dan pengembangan komoditi itu dan mereka akan belajar disini

“Jadi, mereka datang disini dalam rangka belajar termasuk Industri kelapa,”ucap Nelson.

Nelson pun mengingatkan, kedatanagan mereka ini sudah teknis,kalau dulu duta besar kemudian presiden setelah itu sudah teknis,maka teknisnya ini yang akan dilakukan tindak lanjutnya.

oleh karena itu,hari ini Beliau akan berkunjung di kecamatan boliyohuto ke Pabrik Tri jaya Tunggal untuk melihat langsung kelapa sambil juga melihat budidaya jagung dan tanaman padi dibawa kelapa (Padi ladang) serta pembibitan kelapa.

Untuk besok, melihat potensi perikanan,karena beliau ini adalah menteri Pertanian, peternakan, perikanan perkebunan dan Sumber Daya Alam(SDA).Jadi mereka juga akan melihat perikanan juga setelah itu berkunjung di Universitas Muhammadiyah Gorontalo dalam rangka kerjasama sumber daya manusia.

“Mungkin mereka akan mengirim SDM kesini,mungkin kuliah atau juga colaboration riset (penelitian bersama,” Tutup Nelson. (*)

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top