RPIK Gorut Mulai Digodok – REPUBLIKPOS.COM
Daerah

RPIK Gorut Mulai Digodok

REPUBLIKPOS (GORUT) – Pelan tapi pasti, pemerintah Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut) di bawah nahkoda Bupati Dr.H.Indra Yasin,SH.,MH, terus melakukan inovasi diberbagai sektor-sektor untuk mendorong kemajuan daerah utamanya peningkatan perekonomian rakyat.

Salah satunya melalui penyusunan Rencana Pembangunan Industri Kabupaten (RPIK) 2018-2038 yang dilakukan oleh Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda). Kamis (1/11) bertempat di ruang rapat kantor Bappeda Gorut, digelar Seminar Akhir Penyusunan Dokumen RPIK.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Gorut Farida Minti, melalui Kepala Sub Bidang Perindustrian, Perdaganggan, Koperasi dan UMKM Munawir Ismail menjelasan, penyusunan dokumen RPIK ini sangat penting, sebagai implementasi dari amanah Undang Undang No 11 Tahun 2014 dan Undang-undang No 3 Tahun 2014. “Melalui penyusunan dokumen ini, dilakukan pemetaan potensi industri yang bisa dikembangkan di 11 kecamatan,” terangnya.

Lanjut dia mengatakan, adanya RIPK ini selain untuk menunjang pengembangan potensi daerah di setiap wilayah, juga ini akan menjadi instrumen untuk mendapatkan dana Usaha Kecil Menengah (UKM) dari pemerintah pusat, khususnya Kementerian Perdagangan RI.

“Karena menjadi syarat untuk mendapatkan anggaran sebuah daerah harus memiliki RPIK. Ini syarat mutlak yang diterapkan,” tambah Munawir.

Selain itu, adanya RPIK yang nantinya akan diperkuat dengan Peraturan Daerah (Perda) juga akan memberikan dampak positif terhadap penilaian LPPD Gorut. “Untuk skala Provinsi Gorontalo saya kira baru Gorut yang mulai menyusun RPIK,” pungkasnya.

Sementara itu, peserta yang hadir pada Seminar Akhir RPIK ini sedianya dari beberapa unsur stakeholder lingkup Organisasi Perangkat Daerah (OPD) serta pemerintah kecamatan.

Penulis: Matris Salim

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top