Pengelolaan Dana BUMDes Diminta Transparan – REPUBLIKPOS.COM
Daerah

Pengelolaan Dana BUMDes Diminta Transparan

REPUBLIKPOS (GORUT) – Keterbukaan informasi pengelolaan atas Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) diharapkan dapat dilaksanakan oleh seluruh BUMDes yang ada di Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut). Hal tersebut sebagaimana yang diungkapkan oleh Ketua Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gorut, Rahmat Lamadji.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh aleg PAN tersebut pasca pihaknya turun langsung ke desa Posso Kecamatan Kwandang terkait dengan aduan masyarakat soal transparansi pengelolaan Dana BUMDes.

“Ada aduan masyarakat dari desa Posso terkait transparansi dan kami telah turun langsung bersama dengan pihak BPMDes dan juga Inspektorat Kabupaten Gorut” ungkapnya.

Dari hasil dialog , ternyata memang transparansi informasi kepada masyarakat terkait pengelolaan BUMDes di desa Posso itu kurang.

“Sehingganya masyarakat menuntut hal tersebut untuk dilaksanakan. Dan soal regulasi yang mengatur soal transparansi informasi itu belum tersampaikan dengan baik. Sehingganya ketika ini berjalan tidak maksimal maka masyarakat datang dan mengadu” terang Rahmat.

Dalam penyajian informasi kepada masyarakat di desa dapat dilakukan lewat papan informasi desa atau BUMDes. “Jika tidak, maka dapat dilaksanakan rapat di desa. Cara ini memang sudah diatur melalui regulasi peraturan daerah. Dan desa Posso akan melaksanakan hal tersebut sebagai media penyampaian informasi terkait pengelolaan BUMDes” ujarnya.

Jika memang dalam penyampaian informasi ada hal-hal yang tidak jelas atau lainnya, maka tidak menutup kemungkinan untuk dilaksanakan audit. “Kedepan kami berharap agar informasi pengelolaan BUMDes dapat tersampaikan dengan maksimal kepada masyarakat” pungkasnya.

Penulis: Matris Salim

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top