Akses Jalan Tombulilato cs Harap Diperhatikan – REPUBLIKPOS.COM
Daerah

Akses Jalan Tombulilato cs Harap Diperhatikan

REPUBLIKPOS (GORUT) – Pengembangan infrastruktur jalan yang menghubungkan pusat kecamatan Atinggola dengan Desa Tombulilato cs diharapkan dapat segera dilakukan oleh pemerintah daerah saat ini, sebagaimana yang disampaikan oleh srikandi Golkar dari Dapil Atinggola-Gentuma Raya, Rina Polapa.

Menurut politisi muda Golkar tersebut dan juga sebagaimana bahan diskusi ringan para aleg mengisi waktu luang mereka, bahwa keberadaan jalan menuju desa paling ujung di Kecamatan Atinggola tersebut hingga saat ini belum ada peningkatan. “Kalau tidak salah, jalan tersebut dibangun pada jamannya pak Rusli Habibie, dan hingga saat ini tidak pernah disentuh lagi.” ungkap Rina.

Jika demikian, jalan tersebut dibangun sejak tahun 2010, dan setelahnya tidak ada peningkatan pembangunan jalan lagi yang dilaksanakan. Menurut Rina, kondisi jalan yang menjadi akses utama transportasi untuk 3 desa tersebut sudah ada perubahan “Dalam artian, karena faktor usia dan tidak adanya perhatian, jalan tersebut mulai rusak, bahkan rusaknya juga tidak bisa dikategorikan rusak ringan” jelasnya.

Takutnya kata Rina, jika jalan ini dibiarkan begitu saja tanpa ada upaya peningkatan jalan yang dilakukan oleh Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) terkait, jalan tersebut akan semakin rusak.

“Apalagi saat ini kondisi cuaca yang intensitas curah hujannya mulai meningkat. Dan pastinya kondisi cuaca yang demikian akan lebih menunjang percepatan kerusakan jalan akibat tergerus air” tegasnya.

Jika rusak, tentu yang sangat merasakan dampaknya adalah masyarakat yang ada di tiga desa tersebut. Segalanya tentu akan dirasakan sulit.

“Kondisi jalan rusak tentu akan suliy untuk dilalui. Bagi petani ini tentu tidak baik. Kemudahan dalam mengangkut hasil kebun dan pertanian sudah tidak ada lagi. Belum lagi dampak lainnya yabg ditimbulkan terutama dampak ekonomi” papar Rina.

Jalan rusak, akan berakibat pada biaya transportasi yang mahal. Takutnya, hasil pertanian dan perkebunan yang diharapkan dapat memberikan dampak pada peningkatan kesejahteraan justru sebaliknya. “Dikarenakan biaya transportasi membengkak, sehingga keuntungan yang diperoleh menjadi sedikit” pungkasnya.

 

Penulis: Matris Salim

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top