Bupati Nelson Jadi Pembicara di Lokakarya Peminatan Program Air Minum Perkotaan - REPUBLIKPOS.COM
Daerah

Bupati Nelson Jadi Pembicara di Lokakarya Peminatan Program Air Minum Perkotaan

REPUBLIKPOS (JAKARTA) – Karena pengalamannya pada program hibah air minum, Kabupaten Gorontalo yang diwakili oleh Bupati Gorontalo Prof. Nelson Pomalingo berkesempatan untuk memberikan materi tentang Best Practice Hibah Air Minum Perkotaan di acara Lokakarya Peminatan Program Air Minum Perkotaan pada Kamis (1/11) bertempat di Hotel Kartika Chandra Jakarta.

Pemaparan ini guna membagi pengalaman kepada kabupaten dan kota se-Indonesia tentang cara kerja program hibah air minum yang berjalan di Kabupaten Gorontalo sejak 3 tahun lalu.

Bupati Gorontalo menyampaikan alasannya mengikuti lokakarya ini karena akses air minum di Kabupaten Gorontalo masih terbatas, “di Gorontalo banyak sungai banyak danau tapi cari air minum masih susah, jadi kami memulai program ini karena motivasi itu apalagi Kabupaten Gorontalo punya wilayah paling luas dari kabupaten dan kota lain di Gorontalo tentu tugas penyaluran air minum lebih luas jangkauannya” jelasnya.

Beliau juga menambahkan berkat program ini sudah sebagian besar penduduk Kabupaten Gorontalo menikmati air bersih, “tadinya sebelum ikut program ini cuma 38% yang tersambung sekarang sudah 72% dan sudah menghabiskan 18 milyar dana hibah, tahun depan target kita 10 milyar,” tambahnya.

Program dari Hibah Air Minum Perkotaan ini dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo yang ditujukan untuk distribusi air bersih layak konsumsi pada rumah keluarga miskin secara merata di seluruh daerah agar menghindari krisis air bersih.
Pemerintah daerah akan melakukan investasi yang nantinya akan diganti oleh dana hibah untuk keperluan pemasangan sistem air minum perpipaan.

 

Penulis: Larasati Widya

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top