Menteri Sofyan Djalil dan Rusli Habibie Bahas Reforma Agraria di Jakarta – REPUBLIKPOS.COM
Daerah

Menteri Sofyan Djalil dan Rusli Habibie Bahas Reforma Agraria di Jakarta

REPUBLIKPOS (JAKARTA) – Dalam menindaklanjuti Perpres No. 86 Tahun 2018 tentang Reforma Agraria, Kementerian Agraria bekerja sama dengan Kementerian Agraria dan Tata Ruang menyelenggarakan Rapat Koordinasi Nasional Gugus Tugas Reforma Agraria di Hotel Borobudur Jakarta, Rabu (31/10).

Acara tersebut dibuka oleh Menteri Agraria Sofyan Djalil, dan dihadiri Gubernur Gorontalo Rusli Habibie beserta Asisten 1 Bidang Pemerintahan Provinsi Gorontalo, Sukri Botutihe.

Menteri Agraria Sofyan Djalil menjelaskan dalam pidatonya bahwa ada beberapa hal yang dibahas dalam Rakornas kali ini. Hal-hal tersebut bertujuan untuk kesejahteraan masyarakat dalam memperoleh status hukum pada lahannya.

“Rakornas ini mendukung Reforma Agraria bagi kepentingan rakyat, mulai dari pendaftaran sertifikat tanah, pelepasan tanah HGU (Hak Guna Usaha) terlantar dan pembatalan HGU yang tidak diperpanjang, pelepasan tanah pada kawasan hutan yang akan didistribusikan kepada rakyat. Kami melalui Reformasi Agraria akan mencoba menyelesaikan sengketa tanah,” ujar Sofyan Djalil.

Asisten 1 Bidang Pemerintahan Sukri Botutihe juga menjelaskan saat ini Gorontalo telah membentuk rencana dalam menindaklanjuti Perpres tentang Reforma Agraria ini.

“Gubernur saya kira sudah membentuk tim dalam Reforma Agraria dan SK-nya sudah ada. Nanti pelaksananya kepala BPN dan Sekda yang akan memfokuskan untuk mengatasi masalah tanah transmigrasi untuk disertifikasi. Selain itu kami juga akan mengadakan sosialisasi kepada masyarakat bahwa betapa pentingnya pendaftaran sertifikat tanah itu untuk mencegah sengketa nantinya,” tandas Sukri Botutihe.

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top