Indra Yasin: Pelayanan Bagi Masyarakat Harus Jadi Prioritas - REPUBLIKPOS.COM
alterntif text
Daerah

Indra Yasin: Pelayanan Bagi Masyarakat Harus Jadi Prioritas

REPUBLIKPOS (GORUT) – Guna meraih indeks kepuasan publik dalam sistem pelayanan pemerintah, melalui bagian Ortala (Organisasi Tata Laksana, pemerintah menggelar Bimtek Penyusunan standar pelayanan, survei kepuasaan dan forum konsultasi publik, Selasa kemarin (31/10) dihotel Qrand-Q kota Gorontalo.

Kegiatan yang dibuka oleh Bupati Indra Yasin ini dihadiri oleh OPD terkait pelayanan publik seperti, RS Zus, Diknas, Kominfo, Tapem, BKPP, pemberdayaan perempuan, Bagian hukum, Capil, Penanaman modal, dan Dinas kesehatan. Turut hadir pada saat itu selaku pemateri, Erna Novianti Kabag pembinaan administrasi analisis kebijakan dan Naufal sabda Auliya, peneliti pusat kajian reformasi administrasi. Keduanya merupakan pejabat di Lembaga Administrasi Negara atau LAN-Jakarta.

Bupati Indra Yasin saat memberikan arahannya, mengungkapkan bahwa Bimtek ini sangat penting untuk diikuti agar dalam pelayanannya, tingkat kepuasan publik mampu diraih oleh pemerintah. Sehingga itu kegiatan ini perlu diperhatikan oleh OPD yang ikut dalam Bimtek ini.

“Menuju kepuasan masyarakat itu sangat penting dan dibutuhkan pemerintah. Jangan sampai kita bekerja, tapi kita tidak tahu apa tujuan dan sasaran kerja kita ini apa sudah maksimal kepada masyarakat, membuat rakyat puas, senang atau tidak.
Maka harus ada standarnya dan ada ukurannya pula,” tukas Bupati.

Bukan hanya itu, pelayanan dengan senyum pula harus diperhatikan, kata Bupati. Bahkan etika dalam pelayanan juga harus dikedepankan, harus ramah, jujur, sopan dan paling tidak masyarakat merasa terlayani dan puas akan pelayanan kita,

“Sehingga masyarakat yang nanti keluar dari kantor kita, tidak cemberut mukanya, sebagai tanda dia puas,” papar Bupati.

Bagi Bupati mengejar kepuasan maksimal memang tidak mudah, namun juga harus ada standar ukurannya akan tingkat kepuasan itu. Sehingga kalau ada yg kurang, kedepan bisa diperbaiki dan dibenahi, disisi mana yang kurang. Jika sudah maksimal maka harus lebih ditingkatkan lagi kedepannya, “Karena saya ingin masyarakat yang dilayani pulang dengan gembira, bukan menggerutu, karena ujungnya Bupati lagi yang kena, jika masyarakat merasa tidak puas akan satu pelayanan didinas dinas yang ada,” papar Bupati.

Bupati meminta, lupakan dulu pangkat, jabatan atau status sosial kita, tapi sebagai abdi kita harus melayani dengan maksimal.
Maka dari itu diharapkan kadis-kadis mampu cepat merespon, menterjemahkan dan menyelesaikan hal hal seperti itu, “Kelak agar masyarakat tidak akan lagi mencari cari Bupati, untuk mencurahkan segala unek-uneknya,” papar Bupati.

Akhirnya, Bupati meminta dari Bimtek ini, maksimalkan standar pelayanan, kalau perlu ada skema atau pola dalam setiap mekanisme pelayanan tertentu, yang ditempelkan untuk diketahui oleh masyarakat biar mereka merasa dituntun untuk mengurus segala sesuatu dengan sendirinya.

“Puaskan masyarakat akan segala keperluannya disetiap dinas pelayanan, maka pasti imej positif pemerintah disetiap dinas akan selalu dipuji masyarakat,” tutup Bupati. (*)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top