Nelson Evaluasi Kinerja Dinas Pertanian Kabgor - REPUBLIKPOS.COM
Daerah

Nelson Evaluasi Kinerja Dinas Pertanian Kabgor

alterntif text

REPUBLIKPOS (Limboto) – Bupati Gorontalo Prof. Nelson Pomalingo melakukan evaluasi atas capaian program pembangunan Sektor Pertanian Kabupaten Gorontalo.Rapat yang dihadiri rumpun pertanian tersebut digelar di Baitul Izza Dutulanaa, Kamis (25/10). tampak hadir mendampingi orang nomor satu di Kabuaten Gorontalo itu, Asisten I dan III Setda Kabupaten Gorontalo serta Kepala Bappeda.

kegiatan diawali pemaparan evaluasi perkembangan sektor pertanian oleh Kepala Dinas Pertanian Rahmat Pomalingo beserta masing-masing kepala bidang di pertanian.

Usai mendengarkan paparan dari kepala dinas dan masing-masing bidang, Bupati Nelson menilai bahwa perkembangan di sektor ini yang paling menonjol adalah produksi jagung dan tanaman holtikultura.

“Hasil pertanian kita yang paling bagus adalah produksi jagung dan yang kedua adalah tanaman hortikultura,” tutur Nelson.

Namun, ia melanjutkan, untuk hasil panen padi sendiri mengalami penurunan karena dihadapkan dengan masalah irigasi yang rusak. “Maka yang harus kita lakukan pertama adalah pengairan harus segera diperbaiki,” imbuhnya.

Hal lain yang perlu dikembangkan adalah komersialisasi hasil pangan. Tujuannya untuk menambah nilai hasil perkebunan, “Termasuk pengelolaan buah-buahan dan sebagainya untuk diolah lebih inovatif sehingga harga jualnya naik,” ucap Nelson.

Kemudian yang perlu diperhatikan dalam sektor ini, menurutnya adalah jumlah kuakifikasi maupun kesejahteraan dari pada SDM dalam hal ini adalah para penyuluh pertanian yang masih perlu untuk ditingkatkan. (*)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top