Kemenpora Majukan Desa Melalui Program PMMD – REPUBLIKPOS.COM
Nasional

Kemenpora Majukan Desa Melalui Program PMMD

Deputi Pengembangan Pemuda Kementerian Pemuda dan Olahraga Asrorun Ni’am Sholeh memberikan pembekalan peserta Pemuda Mandiri Membangun Desa (PMMD) di Jakarta, Sabtu (20/10). (foto:dok/kemenpora.go.id)

REPUBLIKPOS (JAKARTA) – Pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla terus meningkatkan alokasi dana desa sebagai bentuk komitmen tinggi pemerintah terhadap kemajuan desa. Tahun 2019 saja, Pemerintah mengalokasikan Dana Desa Rp73 triliun.

Menurut Deputi Pengembangan Pemuda Kementerian Pemuda dan Olahraga RI Asrorun Ni’am Sholeh, komitmen tinggi pemerintah terhadap desa bukan hanya dengan menganggarkan Dana Desa.

Kemenpora, katanya, juga berkomitmen tinggi memajukan desa melalui program Pemuda Mandiri Membangun Desa (PMMD).

“Alokasi Dana Desa yang terus meningkat tiap tahun sejak 2015 lalu harus ditopang dengan peran pemudanya. Pemuda di desa harus bisa mandiri agar dapat secara efektif menyerap Dana Desa untuk pembangunan di desanya masing-masing,” ujar Ni’am, di Kemenpora, Jakarta, Senin (22/10/2018).

Ni’am menyatakan, pemuda di desa harus bisa menjadi ujung tombak penyerapan Dana Desa agar bisa memajukan desanya baik melalui usaha mandiri yang berkelanjutan, ataupun kegiatan mandiri lainnya.

“Ini komitmen Indonesia membangun dari desa, dan komitmen ini bisa diperluas di seluruh Indonesia. Ini adalah bentuk gerakan revolusi mental yang dicanangkan Presiden RI Joko Widodo dan harus menyentuh masyarakat pedesaan,” terangnya.

Ni’am pun menegaskan, dengan adanya Dana Desa mestinya pemuda-pemuda di desa bisa menjadi agen perubahan di lingkungan desanya masing-masing.

Karena itu, pihaknya mengharapkan peserta PMMD yang tiap tahun diikuti sebanyak 1.000-1.500 pemuda, bisa menggerakkan jutaan pemuda Indonesia.

“Ini amanah, tanggung jawab dan kepercayaan jadi semua peserta harus siap. Ini komitmen Indonesia membangun dari desa, dan komitmen ini bisa diperluas di seluruh Indonesia,” katanya.

Sebelumnya, Deputi Pengembangan Pemuda Kementerian Pemuda dan Olahraga RI Asrorun Ni’am Sholeh memberikan pembekalan bagi 1.000 peserta Pemuda Mandiri Membangun Desa (PMMD) 2018, di Jakarta, Sabtu sore (20/10).

“Fitrah kepemudaan adalah kecenderungan untuk melakukan perbaikan. Untuk itu, pastikan kehadiran Anda di manapun memiliki dampak terhadap perbaikan masyarakat. Wujudnya kontribusi secara nyata dalam kehidupan di wilayah masing-masing. Masalah bangsa adalah masalah kita, maka kitalah yang harus menjawab dan memberi solusi,” tegas Ni’am saat memberikan pembekalan.

Lebih lanjut Niam menjelaskan, pengembangan kepemudaan yang dilaksanakan Pemerintah memosisikan pemuda sebagai subyek, sementara Kemenpora menjalankan fungsi fasilitasi.

“Pastikan kehadiran Anda sebagai anak muda adalah bagian dari solusi, bukan bagian dari masalah. Terlebih dalam era digital ini. Jadilah pemuda yang smart, cerdas dalam memanfaatkan media sosial, untuk kepentingan kebaikan,” tuturnya.

Saat melakukan tugas pasca-pelatihan, Ni’am meminta peserta untuk membangun sinergi dengan seluruh elemen masyarakat, terutama RT, RW, kelurahan, dan potensi kepemudaan di wilayah masing-masing.

Ni’am juga mengingatkan pentingnya mengembangkan kegiatan kepeloporan dan kesukarelawanan. “Jika ada indikasi adanya potensi kerawanan sosial, cepat ambil peran. Cegah agar tidak menimbulkan masalah sosial lebih luas. Demikian juga jika ada anak-anak yang seharusnya bersekolah tetapi dia tidak bersekolah, ambil prakarsa,” tambahnya.

Sementara itu, Asisten Deputi Kepemimpinan Kementerian Pemuda dan Olahraga Ibnu Hasan menjelaskan, Program PMMD merupakan kegiatan kementerian pemuda dan olahraga untuk memberikan fasilitasi kaum muda agar dapat berperan dalam membangun masyarakat berbasis komunitas, dengan pendekatan kemandirian dan kepeloporan.

“Tahun 2018 ini sasarannya adalah 1.000 pemuda dari berbagai daerah dengan mekanisme seleksi, di mana 800 peserta merupakan peserta baru, sedangkan 200 peserta merupakan peserta terpilih dari peserta program tahun sebelumnya,” jelasnya.

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top