Hadir Di Konfrensi Danau Sedunia, Ini Misi Bupati Nelson - REPUBLIKPOS.COM
Uncategorized

Hadir Di Konfrensi Danau Sedunia, Ini Misi Bupati Nelson

REPUBLIKPOS (LIMBOTO) – Bupati Gorontalo Prof. Nelson Pomalingo, menghadiri konferensi Danau Sedunia, Indonesia-Japan Workshop on Sustainable Lake management in The 17th World Lake Conference (WLC17) di Ibaraki, Jepang, yang berlangsung sejak tanggal 15 sampai dengan 19 oktober 2018.

Kepala Bagian Humas dan Protokoler Rachmad Mohamad mengatakan kehadiran Bupati Nelson di Jepang ini melalui surat undangan Direktur Jenderal Pengendalian Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI Nomor S.100/PDASHL/PKPD/KLN.O/8/2018 tanggal 31 Agustus 2018 tentang Konferensi Danau Sedunia.

Rachmad menjelaskan, workshop ini merupakan kelanjutan dari Konferennsi Danau Sedunia ke-16″ yang diselenggarakan di Bali pada tahun 2016 lalu. Kegiatan ini juga dalam rangka menggalang kerjasama internasional untuk peningkatan pengelolaan danau di Indonesia sesuai amanat RPJMN 2015- 2019.

Acara bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat, pemerintah daerah, dan instansi terkait dalam memelihara dan menyelamatkan fungsi danau.

Untuk diketahui Indonesia memiliki kurang lebih 500 danau. Dan Danau Limboto di Kabupaten Gorontalo masuk salah satu dari 15 danau yang menjadi prioritas nasional yang tertuang dalam RPJMN untuk dilakukan pembenahan dan pengelolaan.

“Konferensi ini merumuskan Resolusi Danau sebagai rujukan/referensi pemerintah pusat dan pemerintah daerah untuk pengelolaan dan pemanfaatan danau berkelanjutan.” kata Rachmad.

Lebih lanjut Rachmad menjelaskan bahwa konfrensi ini akan dihadiri kurang lebih 22 kementerian/lembaga dari Indonesia. Selain itu juga 13 Gebernur se- indonesia dan 8 Bupati se Indonesia juga hadir pada konfrensi ini.

“Untuk para Bupati antara lain, Bupati Agam, Bupati Semarang, Bupati Kapuas Hulu, Bupati Bangli, Bupati Minahasa, Bupati Luwu Timur, Bupati Jayapura dan Bupati Gorontalo,” Tutup Rachmad Mohamad. (irf/hms)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top