Pemprov Gorontalo Akan Hibahkan Lahan 7,1 H Untuk TNI AU – REPUBLIKPOS.COM
alterntif text
Daerah

Pemprov Gorontalo Akan Hibahkan Lahan 7,1 H Untuk TNI AU

alterntif text

REPUBLIKPOS (JAKARTA) – Diskusi koordinasi tukar menukar lahan antara TNI AU dan Pemprov Gorontalo memanas ketika lahan yang dipinjam-pakaikan TNI AU kepada Pemprov Gorontalo untuk keperluan perluasan Bandara Djalaludin tidak seimbang dengan lahan yang dipinjam-pakaikan Pemprov Gorontalo kepada TNI AU untuk Lanud Sam Ratulangi di Minahasa Utara.

Diskusi yang berlangsung pada (11/10) di Mabes TNI AU Cilangkap dan dihadiri oleh Gubernur Gorontalo Rusli Habibie, Kadiskumau TNI AU S. Damanik, perwakilan dari Kementerian Keuangan, Kepala Dinas Provinsi Gorontalo terkait ini membahas tentang hasil penilaian Tim Penilaian Kantor Pusat DJKN Kementerian Keuangan terkait selisih tukar menukar kedua lahan tersebut.

Dijelaskan bahwa TNI AU meminjam-pakaikan lahan seluas 10 hektar dari 39,1 hektar kepada Pemprov Gorontalo di Bandara Djalaludin, selanjutnya Pemprov Gorontalo meminjam-pakaikan lahan di Minahasa Utara seluas 7,1 hektar kepada TNI AU dirasa tidak seimbang dan perlu penambahan untuk ganti lahan tersebut.

Disampaikan oleh Gubernur Gorontalo Rusli Habibie bahwa untuk mengganti nilai yang tidak seimbang itu daerah mengalami sedikit kesulitan, “untuk selisih lahan senilai 34 milyar, kami (Pemprov Gorontalo) sedikit susah karena pada perubahan APBD tidak dimasukkan jumlah itu dan kemungkinan baru bisa nanti 2019,” ujarnya.

Hal ini menjadikan diskusi semakin alot mengingat batas waktu penggantian selisih tersebut pada 6 Desember 2018 mendatang. “Kalau ganti dengan lahan kita akan diskusikan lagi karena saat ini TNI AU minta lahan untuk akses jalan ke ke bandara,” ungkap Rusli Habibie.

Akhirnya untuk mengatasi ketidakmampuan Pemprov Gorontalo untuk memenuhi tuntutan tukar menukar lahan oleh TNI AU, Pemprov Gorontalo sepakat untuk menghibahkan lahan di Minahasa Utara. “Jadi kami hibahkan tanah yang 7,1 hektar itu agar tuntutan seimbang pada tukar menukar bisa hilang,” tambahnya.

 

Penulis: Larasati Widya

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top