Cegah Penyebaran DBD, Dikes Diminta Lakukan Antisipasi – REPUBLIKPOS.COM
alterntif text
Daerah

Cegah Penyebaran DBD, Dikes Diminta Lakukan Antisipasi

Nyamuk DBD. Foto: The Tanjung Pura
alterntif text

REPUBLIKPOS (GORUT) – Dinas Kesehatan Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut) diharapkan untuk segera mengambil tindakan atau upaya antisipasi atas kejadian luar biasa yang terjadi di Kecamatan Anggrek yakni penderita demam berdarah yang sesuai dengan informasi bahwa di Desa Ilangata Barat (Ibarat) Kecamatan Anggrek telah ada 2 penderita demam berdarah.

Menurut aleg dari Fraksi PDIP Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut) Herson Hadi bahwa saat ini di Desa Ibarat telah ada 2 penderita demam berdarah. “Penyakit ini tentu jika tidak ditangani dengan baik maka akan berakibat fatal bagi penderita” ungkapnya.

Begitu juga dengan lingkungan sekitar yang menjadi tempat tinggal dari para penderita penyakit ini. Sebagaimana diketahui bahwa penularan penyakit demam berdarah melalui nyamuk. “Olehnya masyarakat juga tentu mulai was-was jika sudah mulai muncul penderita DBD ini. Olehnya harus ada upaya antisipasi ataupun pencegahan dari instansi teknis terkait terhadap penyebaran penyakit DBD tersebut” kata Harson.

Aleg muda PDIP tersebut berharap agar dinas secepat mungkin melakukan tindakan yang nyata di lapangan mungkin berupa upaya foging atau hal lainnya yang tentu dapat mencegah penyebaran penyakit menular melalui nyamuk ini. “Dinas diharapkan untuk dapat berkoordinasi dengan unit-unit yang ada di kecamatan atau desa terkait dengan upaya penyebaran penyakit DBD tersebut. Bisa saja dilakukan penyemprotan asap atau foging” tegasnya.

Selain itu mungkin piha dinas dapat melakukan upaya lainnya seperti halnya penyuluhan dan juga upaya antisipasi lainnya mungkin lewat Puskesmas yang ada.

 

Penulis: Matris Salim

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top