Terkait Pilkades Serentak,Begini Harapan Rahmat Lamaji - REPUBLIKPOS.COM
alterntif text
Daerah

Terkait Pilkades Serentak,Begini Harapan Rahmat Lamaji

REPUBLIKPOS (GORUT) – Panitia Pemilihan Kabupaten (PPK) diharapkan untuk tidak mempersoalkan persoalan perbedaan nama yang tercantum dalam ijazah dengan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (EKTP) dari para calon kepala desa yang akan ikut dalam Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak tahun 2019 ini.

Menurut aleg PAN Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut), Rahmat Lamadji bahwa persoalan perbedaan nama antara ijazah dan EKTP tersebut terjadi juga pada Pilkada maupun pemilihan lainnya.

“Kami berharap agar PPK tidak melakukan justifikasi apalagi sampai mencoret calon kontestan pada pelaksanaan Pilkades kali ini” ungkapnya.

Seperti halnya pada Pilkada, perbedaan nama tersebut juga terjadi “Contoh, nama Roni Imran yang dalam ijazahnya tercantum Ron K Imran sementara pada EKTP Roni Imran” jelas Rahmat.

Selama ijazah tersebut milik yang bersangkutan, maka itu tidak menjadi masalah. “Dalam artian, walaupun ada perbedaan nama dan selama itu merupakan dokumen asli dan merupakan miliknya maka itu jangan dipersoalkan” tegasnya.

Untuk menegaskan juga bahwa itu benar-benar miliknya juga dapat dilengkapi dengan surat keterangan dari instansi teknis yang berwenang. Lebih lanjut dikatakan oleh Rahmat bahwa pihaknya berharap agar dalam persoalan ini PPK melaksanakan apa yang menjadi tugas dan tanggungjawanya sesuai dengan kewenangan.

“PPK diharapkan untuk tidak menjadi pengambil keputusan. Jika terjadi hal seperti ini tentu diakomodir dan untuk memutuskan itu dokumen asli atau dapat tidaknya digunakan ada pihak yang lebih berkompoten” ujarnya.

PPK juga diharapkan oleh Rahmat untuk dapat membuat edaran ke setiap desa yang melaksanakan Pilkades terkait dengan hal ini.

Penulis: Matris Salim

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top