Gorontalo Menerima Sertifikat Warisan Budaya – REPUBLIKPOS.COM
Daerah

Gorontalo Menerima Sertifikat Warisan Budaya

JAKARTA (REPUBLIKPOS) – Provinsi Gorontalo mendapat sertifikat Warisan Budaya Tak Berbenda dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang diterima oleh Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim, Rabu (10/10/2018) di Gedung Kesenian Jakarta.

Kali ini Provinsi Gorontalo menerima sertikat Warisan Budaya Tak Berbenda untuk 8 kesenian dan adat istiadat asli Gorontalo antara lain Dikili, Me’eraji, Pulanga, Momeati, Molalunga, Momuhuto, Tolobalango, dan Bantayo Poboide.

Pada tahun ini telah ditetapkan 225 warisan budaya yang menerima sertifikat dari seluruh Indonesia.

Budaya Gorontalo ini telah melewati berbagai tahap verifikasi data yang ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan hingga diakui sebagai warisan budaya.

Usai menerima sertifikat, Idris Rahim mengungkapkan sangat mengapresiasi kegiatan tersebut.

“Saya sangat mengapresiasi acara ini karena kesenian Indonesia merupakan identitas dari bangsa dan merupakan warisan dari masa lalu dari nenek moyang kita,” imbuh Idris.

Dia juga mengungkapkan, tahun depan akan menginventaris lagi budaya Gorontalo karena menurutnya masih banyak yang harus digali.

“Masih banyak budaya gorontalo yang belum diakui sebagai warisan budaya, maka kita perlu menginventaris lagi supaya ke depannya bisa dikenal oleh anak cucu kita. Dan sebagai pemerintah, kami mengharapkan kesenian gorontalo dapat diajarkan di bangku sekolah agar tidak luntur,” pungkasnya.

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top