Kerjasama dengan BKSU, Nakeswan Gorut Gelar TOT Dan Bimtek Peningkatan Kapasitas Peternakan – REPUBLIKPOS.COM
alterntif text
Daerah

Kerjasama dengan BKSU, Nakeswan Gorut Gelar TOT Dan Bimtek Peningkatan Kapasitas Peternakan

alterntif text

REPUBLIKPOS (GORUT) – Guna meningkatkan kualitas dan kapasitas para kelompok masyarakat peternak di Kabupaten Gorontalo Utara, Pemerintah Daerah Kabupaten Gorontalo Utara melalui Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Nakeswan) bekerjasama dengan Badan Kerjasama Utara-Utara (BKSU) menggelar Training Of Trainer (TOT) menyangkut program Kerjasama Utara-utara tingkat Kabupaten Gorontalo Utara tahun 2018, Selasa (9/10).

Acara yang dirangkaikan dengan Bimbingan Teknis Penerapan Teknologi Pengolahan Pakan Ternak bagi Kelompok Peternak yang ada di Gorut ini berlangsung di ruang Rapat Kantor Nakeswan Gorut.

Bupati Gorontalo Utara Dr. Hi. Indra Yasin, MH dalam sambutan sekaligus membuka kegiatan TOT Peternakan Gorut ini menyampaikan bahwa kegiatan TOT dan bimtek ini sangat penting untuk diikuti oleh seluruh kelompok masyarakat peternak di daerah Gorut guna meningkatkan SDM para peternak serta terciptanya kualitas ternak yang baik dan sehat.

“ya, memang Pemanfaatan Teknologi dibidang peternakan saat ini sudah sangat banyak diterapkan di sejumlah daerah maju lainnya. Sehingganya, diharapkan melalui bimtek dan TOT ini terjadi peningkatan pengetahuan SDM para masyarakat Kelompok Peternak di Gorut”, ungkap Bupati Indra Yasin.

Lebih lanjut Bupati menjelaskan bahwa Pemerintah daerah Gorut telah menjalin kerjasama Utara-Utara dengan 3 daerah tetangga yakni Kabupaten Bolmut (Sulut), Buol (Sulteng) dan Kabupaten Bone Bolango dimana salah satu program unggulannya adalah bidang peternakan.

“Dalam kerjasama utara-utara, kami ditargetkan dapat menghasilkan 1 juta ekor sapi. Khusus Gorut sendiri dari target 250 ribu sapi saat ini populasi ternak sapi telah mencapai 23 ribu ekor sapi. Mudah-mudahan melalui program inseminasi ternak sapi yang tahun ini sekitar 3.000 ekor bisa mencapai target 250 ribu ekor sapi di wilayah Gorut,” jelas Bupati 2 periode ini.

Berbagai program peternakan yang telah diupayakan pemerintah daerah guna menunjang terjadinya peningkatan kesejahteraan masyarakat peternak diantaranya, pengolahan pupuk organik dari kotoran hewan, program beasiswa 6 dokter hewan di Institute Pertanian Bogor, pembuatan kandang ternak sapi moderen di wilayah barat dengan luas 300 hektar, program asuransi hewan ternak dengan klaim 10 juta rupiah per ternak sapi, dan masih banyak lagi program peternakan lainnya yang wajib dimanfaatkan para peternak. Sehingganya, Bupati Indra berharap kedepan populasi hewan ternak di Gorut dapat lebih dikembangkan lagi baik tidak hanya sapi saja, akan tetapi hewan ternak lainnya. (*)

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top