Gorut Terdepan Dalam Penyedia Varietas Bibit Berkualitas di Gorontalo – REPUBLIKPOS.COM
Daerah

Gorut Terdepan Dalam Penyedia Varietas Bibit Berkualitas di Gorontalo

REPUBLIKPOS (GORUT) – Pemerintah Daerah Kabupaten Gorontalo Utara terus menunjukkan peningkatan kualitas pertanian dengan memanfaatkan berbagai macam jenis varietas tanaman khas daerah. Hal ini dibuktikan dengan adanya penyerahan penghargaan hak paten tanda daftar varietas Tanaman jenis padi “Buruna HI2” oleh Kepala Balai Litbang Pertanian Provinsi Gorontalo, Dr. Awaludin Hipi, M.Si kepada Bupati Gorontalo Utara, Dr. Hi. Indra Yasin, MH, Selasa (9/10), di Ruang Kerja Bupati Gorut.

Penyerahan penghargaan Varietas Tanaman lokal Gorut ini dirangkaikan dengan kunjungan kerja tim badan penyuluhan dan pengembangan sumber daya manusia Pertanian (BPPSDMP) kementerian Pertanian yang dipimpin langsung oleh Kepala Pusat Penyuluhan pertanian, Dr. Ir. Siti Munifah, M.Si.

Dalam pertemuan tersebut, Bupati Indra Yasin menyampaikan rasa bangga dan apresiasi terhadap penyerahan tanda daftar varietas lokal daerah Gorut yang telah disahkan dan dipatenkan oleh Kementerian Pertanian RI.

Sebelumnya juga, Daerah Gorut tercatat memiliki Varietas Tanaman lokal yakni Ponelo I yang juga mendapatkan pengakuan dari pemerintah Pusat. “ya, selaku pemerintah daerah tentu ini sangat membanggakan. Penggunaan varietas lokal ini tidak kalah berkualitasnya dengan varietas pertanian di daerah lain. Sehingganya kedepan ini akan kami kembangkan terus untuk bisa juga dimanfaatkan oleh daerah Kabupaten/Kota se-Provinsi Gorontalo,” ungkap Bupati Indra.

Bupati pun menjelaskan program dinas pertanian sangat strategis di era pasar Global dunia. Sehingga, Kementan RI mengisyaratkan adanya swasembada pangan secara mandiri di daerah daerah yang sangat potensial dibidang Pertanian. Daerah Gorut salah satunya yang dinilai Kementan mampu menerapkan program tersebut. Mulai dari program asuransi petani, pemanfaatan pupuk organik, serta perbaikan fasilitas pendukung pertanian seperti irigasi.

“Disaat masyarakat petani kita sementara menunggu hasil tanam pertanian, kami berikan bantuan bibit dan pupuk organik dengan memanfaatkan tanaman lain. Sehingga waktu 3 bulan dari hasil panen bisa lebih optimal. Khusus di Kecamatan Kwandang, sekitar 200 hektar yang telah kami manfaatkan. Khusus Program Irigasi di Desa Bubode sedang berjalan pekerjaan perbaikan kembali tanggul yang jebol oleh banjir beberapa waktu lalu agar recovery lahan pertanian semakin baik,” jelas Bupati Indra Yasin.

Harapannya kedepan, program pertanian di daerah semakin meningkat dan dirasakan manfaatnya bagi masyarakat khususnya petani. Begitu juga pemanfaatan varietas lokal dapat terus dipublikasikan ke seluruh masyarakat yang ada di Provinsi Gorontalo. (*)

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top