Pemprov Gorontalo Dukung Penambahan Dermaga Pelabuhan Anggrek – REPUBLIKPOS.COM
Daerah

Pemprov Gorontalo Dukung Penambahan Dermaga Pelabuhan Anggrek

REPUBLIKPOS (GORONTALO) – Usai melepas dengan resmi ekspor produksi kayu olahan (Jabon) ke Taiwan melalui Pelabuhan Anggrek, Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim didampingi Bupati Gorontalo Utara Dr. Hi. Indra Yasin, MH mengungkapkan bahwa potensi pelabuhan anggrek sebagai pelabuhan internasional yang kerap disinggahi kapal-kapal barang dari negara tetangga, sangat strategis dan perlu ditingkatkan fasilitasnya. Dengan panjang dermaga pelabuhan anggrek yang sekarang hanya 175 meter ini hanya mampu menampung 2 kapal barang saja.

Selama ini antrean kapal barang kerap terjadi di pelabuhan ekspor-impor di Provinsi Gorontalo ini, padahal idealnya panjang dermaga minimal 400 meter, sehingga cukup memprihatinkan mengingat aktivitas bongkar muat hanya bisa dilakukan satu atau 2 unit kapal saja.

Sehingganya, Pihak Provinsi Gorontalo bersama dengan Pemerintah daerah Gorut telah mengajukan proposal bantuan ke Kementerian Perhubungan guna penambahan 100 meter dermaga Pelabuhan Anggrek.

“Ya, tentunya pemerintah Provinsi akan mendukung sepenuhnya serta akan berupaya membantu pemerintah daerah Gorut dalam hal penambahan panjang dermaga Pelabuhan Anggrek ke Kementerian Perhubungan Pusat. Sehingga, pelabuhan anggrek bisa disandari 4 atau 5 unit kapal barang,” ungkap Wagub Idris Rahim.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Gorut Indra Yasin menambahkan pihaknya telah mengajukan proposal bantuan penambahan panjang dermaga baik pelabuhan anggrek maupun pelabuhan perikanan di Kwandang ke pihak Kementerian Perhubungan Laut.

“Saya baru-baru ini ke Jakarta menghadiri acara asosiasi daerah pesisir maritim se-Indonesia dan bertemu langsung dengan Dirjen Perhubungan Laut guna membahas mengenai penambahan panjang dermaga pelabuhan Gorut baik yang ada di Anggrek maupun Kwandang. Dan responnya baik. Mudah-mudah segera ditindaklanjuti oleh Kementerian demi percepatan pertumbuhan ekonomi daerah Gorut nantinya,” pungkas Indra Yasin.(*)

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top