Pemkab Gorut Komitmen Tingkatkan Derajat Kesehatan Masyarakat – REPUBLIKPOS.COM
Daerah

Pemkab Gorut Komitmen Tingkatkan Derajat Kesehatan Masyarakat

GORUT (REPUBLIKPOS) – Upaya Pemerintah Kabupaten Gorontalo Utara dalam meningkatan derajat kesehatan masyarakat bukan hanya melalui programkan kesehatan gratis akan tetapi lebih dari itu dengan mendeksi secara dini terhadap berbagai penyakit dan penyebab yang dapat menimbulkan wabah menyakit.

“Saya meminta mulai dari kepala dusun, kepala desa, pemerintah kecamatan dan tenaga medis, organisasi PKK dan lembaga-lembaga pemerintah yang ada diseluruh Kabupaten Gorontalo Utara untuk melakukan pendataan adanya dugaan gizi buruk kepada bayi dan anak-anak.” kata Bupati Indra.

Selain itu, kata Bupati Indra, dimintakan juga agar diberikan sosialisasi dan penyadaran kepada masyarakat khususnya ibu-ibu hamil agar selalu memeriksakan kehamilannya di puskesmas atau ke dokter, yang mana dalam pemeriksaan dan proses persalinan sudah dilakukan secara gratis. Hal ini dimaksudkan agar bayi yang lahir akan menjadi sehat-sehat dan dapat mengurangi gizi buruk dan juga dapat menekan angka kematian bayi dan angka kematian ibu hamil.

Bila ada ada kasus gizi buruk ditengah-tengah masyarakat, ujarnya, jangan hanya disalahkan oleh masyarakat, akan tetapi juga kepada aparat pemerintah terkait, karena tidak mampu mendeksi dan memberikan penyadaran kepada ibu-ibu yang mengandung serta tidak mampu memberikan tindak lanjut dalam mengatasi program gizi buruk.

Data-data terkait peningkatan derajat kesehatan masyarakat, ungkap Bupati Indra Yasin, harus secepatnya dilaporkan secara berjenjang mulai dari pemerintah desa, kecamatan dan sampai pemerintah kabupaten. “Ini cukup beralasan. Meskipun kita sudah memprogramkan kesehatan gratis kepada seluruh masyarakat, namun berdasarkan data yang ada masih banyak yang harus dibenahi terhadap peningkatan derajat kesehatan masyarakat.” tukasnya.

Untuk itu selain program pelayanan langsung kepada masyarakat Bupati juga mengintruksikan kepada seluruh masyarakat dan jajaran tenaga medis agar mengantispasi berbagai penyakit dengan cara membersikan sanitasi dengan ketersediaan jamban dan air bersih, adanya imunisasi kepada anak, dan dilaksanakan sosialisasi kesehatan secara berkelanjutan. (rls)

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top