Ini Potensi Maritim Gorontalo Utara Yang Akan Dikembangkan Indra Yasin – REPUBLIKPOS.COM
alterntif text
Daerah

Ini Potensi Maritim Gorontalo Utara Yang Akan Dikembangkan Indra Yasin

alterntif text

JAKARTA (REPUBLIKPOS) – Gorontalo Utara merupakan salah wilayah maritim di indonesia, dimana hasil laut, wisata bahari merupakan salah satu ikon dari Kabupaten Gorontalo Utara. Hal ini yang melatarbelakangi Bupati Gorontalo Utara ikut serta dalam Sarahsehan Nasional ASPEKSINDO (Asosiasi Pemerintah Daerah Kepulauan dan Pesisir Seluruh Indonesia) 2018 yang bekerja sama dengan Forum Komunikasi Maritim Indonesia pada Kamis (4/10) bertempat di Hotel Borobudur Jakarta dengan tema “Prospek Penataan Kemaritiman Indonesia Tahun 2019-2024” dan hari sebelumnya telah diadakan Rakornas guna membahas kepengurusan dan AD/ART ASPEKSINDO.

Bupati Gorontalo Utara Indra Yasin mengungkapkan bahwa banyak sekali potensi maritim di Gorontalo Utara yang perlu digali berupa hasil laut, wisata, sistem transportasi barang dan penumpang.

“Kita punya Pelabuhan Anggrek tapi daya tampung masih kurang jadi kapal harus bergantian untuk berlabuh, saat ini kami fokuskan pada pelabuhan bongkar muat untuk mendukung ekspor dan pelabuhan penumpang dan itu butuh bantuan dari pusat” ugkap Indra Yasin.

“Selain itu kita juga mau membuat pelabuhan ikan dan pelabuhan wisata. Dan juga Gorontalo Utara merupakan pelabuhan tanker bagi kapal perang bagi negara-negara seperti China dan ASEAN di utara” tambahnya.

Gorontalo Utara juga merupakan wilayah yang mempunyai potensi maritim di bidang hasil laut kerang mutiara dan rumput lain, Indra Yasin mengungkapkan bahwa Gorontalo Utara sangat membutuhkan bantuan baik teknologi maupun investasi untuk pembudidayaan ini.

“Kami dulu ada Jepang yang membeli kerang mutiara dari kami tapi karena produksi kurang jadi tidak operasi lagi, makanya kita butuh ilmu seperti NTB karena potensi kami cukup kuat, selain itu ada rumput laut dan kerapu yang bisa kita budidaya.” jelasnya.

Indra Yasin mengharapkan bahwa dengan adanya acara ini bisa meningkatkan ekspor dan impor bagi kemajuan pertumbuhan ekonomi di Gorontalo Utara sendiri.

 

LARAS

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top