Kementerian PUPR Serahkan Aset PSU ke Pemkab Gorontalo - REPUBLIKPOS.COM
Uncategorized

Kementerian PUPR Serahkan Aset PSU ke Pemkab Gorontalo

JAKARTA (REPUBLIKPOS) – Pemerintah Kabupaten Gorontalo menerima aset dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) senilai 3,5 Miliyar. Aset yang diserahkan ini berupa bantuan stimulan Prasara dan Sarana Utilitas (PSU) tahun 2015-2017.

Resminya Aset ini diterima Pemerintah Kabupaten gorontalo tersebut ditandai dengan penandatangan pelaksanaan serah terima aset bantuan stimulan PSU Tahun 2015-2017 oleh Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo disaksikan oleh Dirjen Penyediaan Perumahan DR.Ir. Khalawi AH. M.Sc. MM dan Direktur Rumah Umum dan Komersial Bpk. Ir. Moch. Yusuf Hariagung, MM. MT.

Bupati Gorontalo Nelson pomalingo menerangkan, aset diserahkan berupa jalan beton, drainase, septic tank komunal. Adapun lokasi PSU tersebut berada di perumahan yang dibangun oleh developer terhitung dari tahun 2015 sampai 2017 dan 10 pengembang yang mendapatkan bantuan stimulan PSU.

“Bantuan ini dimaksudkan agar prasarana umum di lokasi perumahan pengembang lebih berkualitas sehingga diharapkan masyarakat lebih banyak lagi yang ingin memiliki rumah yang dibangun developer. Dengan penyerahan aset ini diharapkan hal itu akan mengurangi angka baklog (kebutuhan rumah) di Kabupaten Gorontalo yang saat ini masih tinggi yakni kurang lebih 35.000 unit rumah,” ujar Nelson diwawancari usai kegiatan itu.

Nelson menjelaskan, jika PSU masih menjadi aset Kementerian PUPR, maka pemerintah daerah tidak merasa menjadi kewenangannya untuk memperbaiki dan memelihara jika PSU rusak dan itu akan merugikan masyarakat. Sehingga PSU itu diserahkan ke pemerintah daerah.

Untuk tahun 2018 ini Nelson mengatakan, jika tidak aral melintang ada 7 pengembang lagi yang mendapatkan program sejenis dengan anggaran 2,1 Milyar.

Sementara itu Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Pemukiman Kabupaten Gorontalo Syamsul Baharuddin menuturkan, diserahkan aset ini merupakan bentuk perhatian pemerintah pusat kepada pemerintah Kabupaten Gorontalo yang berkomitmen tinggi mendukung program pemerintah pusat khusunya kementerian PUPR.

“Perhatian pemerintah pusat ini bukanlah tanpa alasan, pemerintah pusat melihat komitmen yang tinggi dari Bupati Gorontalo Prof Nelson Pomalingo dalam mendukung program pemerintah pusat. Khususnya yang menyangkut penanganan perumahan,” tutur Syamsul.

Syamsul menyampaikan, selain program bantuan stimulan PSU bagi pengembang. Pemerintah pusat melalui Dirjen Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR juga menggelontorkan lebih dari 100 M tahun ini yang meliputi beberapa program seperti rumah susun sederhana sewa (Rusunawa), BSPS dan lain lain.(*)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top