Komisi 3 DPRD Gorut Monev Perkembangan BUMDes - REPUBLIKPOS.COM
alterntif text
alterntif text
alterntif text
alterntif text
Daerah

Komisi 3 DPRD Gorut Monev Perkembangan BUMDes

GORUT (REPUBLIKPOS) – Keberadaan BUMDes disetiap desa di Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut), termasuk perkembangannya dalam menjalankan usaha, akan dimonitoring dan evaluasi oleh komisi III DPRD Gorut.

Ketua Komisi III DPRD Gorut Rahmat Lamaji mengatakan, BUMDes yang dibentuk oleh pemerintah desa, diantaranya bertujuan untuk menambah Pendapatan Asli Desa (PAD). Keberadaan

BUMDes kata dia, sangat diharapkan bisa menjalankan berbagai jenis usaha, yang kemudian bisa memberikan dampak positif terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat. Sejak pemerintah desa menerima kucuran dana desa dari pemerintah pusat yang kemudian membentuk BUMDes, adalah penting bagi pihaknya untuk mengetahui secara pasti dan jelas, perkembangan dari BUMDes tersebut. “Kami akan melakukan monitoring dan evaluasi terhadap perkembangan BUMDes ini,” kata Rahmat. Monitoring dan evaluasi juga kata Rahmat, mendapatkan gambaran secara pasti serta jelas, terhadap pengelolaan dan pengembangan dari BUMDes selama beberapa tahun terakhir, sejak setiap desa menerima dana desa.

Rahmat berharap, masing – masing pemerintah desa bisa mengelola dan mengembangkan dengan optimal terhadap BUMDes. Penyertaan modal yang telah dianggarkan oleh setiap pemerintah desa, kemudian diberikan ke BUMDes, adalah penting untuk dapat memberikan dampak yang positif terhadap desa dan masyarakatnya masing – masing. Kalau terdapat kendala, atau bahkan BUMDes tak berjalan sebagaimana yang diharapkan, maka bukan tak mungkin penyertaan modal menjadi sia – sia.

 

MATRIS SALIM

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top