Pemkab Gorontalo Gencarkan Program Palapa – REPUBLIKPOS.COM
Daerah

Pemkab Gorontalo Gencarkan Program Palapa

Foto: By Irfan M. (hms)

GORONTALO (REPUBLIKPOS) – Tekad Pemerintah Kabupaten Gorontalo untuk mensukseskan program palapa yakni padi goro dibawah tegakan kelapa terus dilaksanakan. Jika pekan kemarin di kecamatan bongomeme Cs maka Sabtu,(14/09) gerakan menaman padi gogo dilaksanakan di Kecamatan Mootilangom dan asparaga.

Kurang lebih 70 hektar lahan kering di kecamatan Boliyohuto cs saat ini sudah diintervensi dengan penanaman padi gogo. Ini menjadi tekad pemerintah daerah dari tingkat desa, kecamatan, hingga kabupaten.

“Saya berharap masyarakat lebih bersemangat dengan diintervensinya lahan kering atas penanaman padi gogo ini,” Ungkap Bupati Nelson usai melakukan gerakan tanam padi goro Desa Heluma Kecamatan Mootilango, Kabupaten Gorontalo.

Nelson menilai saat ini memang masyarakat belum memaksimalkan lahan yang ada, oleh karena itu peran penyuluh dan kepala desa untuk mendorong memberikan semangat, “Saya berharap akhir bulan September tuntas,” tukas Nelson.

Lebih lanjut kata Nelson, yang utama mengolah tanahnya dulu, karena ilmu padi gogo ini tidak memerlukan air banyak, “walaupun tanam tanpa air dia bisa hidup dengan baik.” jelas Nelson.

Memang kata nelson pengolahan tanah belum baik,karena itu,saya berharap dinas pertanian koordinir penyuluh dan koordinasi camat dan kades jalan dan rajin turun,apa yang menjadi problemanya.alsintasn ini menyebar bahkan ada juga di koramil-koramil dan ini harus dioptimalkan .

“Kalau dapat per-hari itu ada laporan, penggunaan alat dan sudah berapa hektar yang dikerjakan,” ujar Nelson.

“Sambil juga meminta kalau dapat laporkan juga pengelohan tanahnya kalau sudah berapa hektar yang dikerjakan sehingga pengembangannya dapat diketahui dengan baik,” sambungnya.

Turut hadir pada kegiatan ini Wakil Gubernur Gorontalo Dr. Idris Harim yang juga menyatakan apresiasinya atas program pemerintah pusat melalui Kementerian Pertanian RI yang diterapkan oleh pemerintah Kabupaten Gorontalo.

“Saya mendukung dan mengapresiasi program ini demi peningkatan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Gorontalo,” tandas Wagub Idris Rahim.(hms)

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top