Gorontalo Siap Menjadi Tuan Rumah HKSN 2018 – REPUBLIKPOS.COM
alterntif text
Daerah

Gorontalo Siap Menjadi Tuan Rumah HKSN 2018

alterntif text

JAKARTA (REPUBLIKPOS) – Sebagai rasa syukur dan hormat atas keberhasilan seluruh lapisan masyarakat Indonesia dalam menghadapi ancaman bangsa lain yang terjadi pada tahun 1948, hari sosial atau Hari Kesetiawanan Sosial Nasional diperingati setiap tahunnya pada tanggal 20 Desember. Di tahun ini Gorontalo diberi amanah untuk menjadi tuan rumah pelaksana Hari Kesetiawanan Sosial Nasional (HKSN).

Untuk melancarkan agenda tahunan ini, Gubernur Gorontalo Drs. H. Rusli Habibie, MAP bersama Kepala Dinas Sosial Provinsi Gorontalo Drs. Risjon Kujiman Sunge M.Si dan Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial menemui Menteri Sosial Republik Indonesia Dr. Agus Gumiwang Kartasasmita, M.Si, Sekretaris Jenderal Kementerian Sosial, dan Direktorat Jenderal Pemberdayaan Sosial di Ruang Kerja Menteri Sosial, Kementerian Sosial Republik Indonesia pada 9 September 2018.

Ragam HKSN ini akan dimeriahkan dengan program serentak dari 5 (lima) Kabupaten dan 1 (satu) kotamadya yaitu Lintas Batas Kesetiakawanan Sosial (LBKS). Adapun agenda pada masing-masing etape antara lain, pemberian bantuan sembako, pemberian bantuan perlengkapan sekolah, pengobatan masyarakat, pemberian bantuan alat bantu disabilitas, pengukuran kaki-tangan palsu, penyuluhan narkoba, penyerahan hak-hak sipil (akta lahir), penyerahan bantuan kacamata baca, bingkisan bagi anak dan bantuan jamban. Lintas batas kesetiakawanan sosial di Kabupaten Pohuwato, Kabupaten Boalemo, Kabupaten Gorontalo Utara yang akan diikutsertai oleh 1000 orang ini rencananya akan dibuka secara langsung oleh Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo.

“Alhamdulilah. Tadi menurut penyampaian Pak Menteri Sosial Republik Indonesia, rencana kehadiran Pak Presiden Jokowi sudah dibicarakan lebih awal dengan Menteri Sekretaris Negara. Beliau bersedia untuk datang ke Gorontalo” kata Gubernur Rusli Habibie.

Selain membuka agenda pelaksanaan HKSN, Presiden akan meresmikan sejumlah proyek strategis nasional diantaranya peresmian PLTU Anggrek, Peresmian Jalan Gorontalo Outer Ring Road (GORR), Kampus Baru UNG, Bendungan Randangan dan Lapas Industri Pohuwato. “Nanti juga peletakan batu pertama waduk Bulango Ulu, Penyerahan Sertifikat tanah oleh Presiden” ujar Gubernur.

“Selain agenda Lintas Batas Kesetiakawanan Sosial; Agenda Bulan Bakti Kesetiakawanan Sosial, Pameran/HKSN Expo, Malam Refleksi Kesetiakawanan Sosial serta Acara Puncak HKSN 2018 akan menjadi satu rangkaian kegiatan HKSN 2018 di Provinsi Gorontalo.” Terang Kadis Sosial Provinsi Gorontalo.

HKSN 2018 di Gorontalo diharapkan menjadi instrumen menuju kesejahteraan masyarakat melalui gerakan peduli dan berbagi dengan sesama yang dilakukan secara terencana, terarah, dan berkelanjutan menuju terwujudnya Indonesia sejahtera.

PENULIS: SZN

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top