Nelson Kembali Manjakan Petani Kabupaten Gorontalo – REPUBLIKPOS.COM
Daerah

Nelson Kembali Manjakan Petani Kabupaten Gorontalo

GORONTALO (REPUBLIKPOS) – Tekad Bupati Gorontalo Prof Nelson Pomalingo, untuk meningkatkan sektor pertanian sebagai salah satu sektor unggulan terus digenjot.Selain pemberian berbagai model fasiltas pertanian berupa alsintan,bibit dan pupuk juga bantuan hiba dana pun terus dilakukan demi peningkatan produksi pertanian sehingga kesejateraan masyarakat khususnya petani terpenuhi.

Hal tersebut terpantau,Kembali Bupati ahli pertanian ini manjakan petani yang ditandai lagi dengan penyerahan bantuan dana hibah senilai Rp.350 juta kepada yayasan mato lo taluhu ( mata Air ) Gorontalo “Sanggar tani Alam Bulota“ untuk pengembangan bidang pertanian kepada 87 orang masyarakat tani yang terdapat di empat kelompok tani kelurahan bulota kecamatan Limboto, Sabtu (08/9) di Aula Kantor Desa Bulota.

Ditemui usai kegiatan, Bupati ahli Pertanian ini mengatakan, tiada hari tanpa pertanian, tiada hari tanpa lingkungan. Karena bagi Nelson sendiri pertanian dan lingkungan itu menjadi sumber kehidupan masyarakat dan kita semua.

Oleh karena itu, apa yang kita lakukan hari ini, Kata Nelson untuk memanjakan para petani dengan cara menyerahkan dana hibah senilai 350 juta rupiah termasuk karena ini Yayasan Mato Lo Taluhu (Sumber Air) sehingga saya berharap yayasan ini menjadi contoh untuk melestarikan air.

“Tadi, saya juga sampaikan selain bantuan hiba juga akan diberikan sumur pompa dengan harapan masyarakat membuat embung dan cikdam yang sudah ada agar dipelihara dengan baik,” Harap Nelson.

Nelson menjelaskan ,adapun sasaran bantuan ini adalah untuk para petani yang sudah ada kelompoknya dibawah yayasan mato lo Taluhu dengan harapan bantuan ini digunakan dengan baik.

“Bantuan ini dipergunakan dengan baik terutama peningkatan produksi pertanian sehingga pendapatan mereka bias naik,” Harap Nelson

Loading...

Sementara itu ketua yayasan Mato Lo Taluhu Iwan Usman bersykur dan menyampaikan terima kasih kepada pemerintah Kabupaten Gorontalo terlebih kepada Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo dengan komitmen membangun sector pertanian yang ada di Kelurahan Bulota.

“jadi,dia dalam bentuk sangar tani sebagai bentuk pembinaan SDM petani dan skil.selama ini khan tidak,jadi kalau petani SDM-nya naik,skillnya bagus maka petani itu makin sejahtera dan ini merupakan pembinaan tahun ke -7,” Jelasnya

Iwan usaman menuturkan,di kelurahan bulota ini ada 2 Gapoktan dan 12 kelompok tani,kita juga sudah membina kelompok –kelompok usaha mikro.

Langkah kita kedepan,ketika sanggar tani sudah selesai ,jadi semua petani itu dibawa yayasan untuk dibina agar lebih berdaya dengan harapan petani jadi sejahtera,”jadi pertanian itu masa depan Kabupaten Gorontalo dan masa depan Indonesia,” Ungkapnya.

Dibagian lain Camat Limboto Guntur Pakaya dalam laporannya mengatakan,saat ini dikelurahan bulota sudah ada yang menerima bantuan bibit padi gogo.”sudah ada beberapa kelompok tani yang akan memulai program palapa.(padi dibawa tegakan kelapa) atau padi gogo,” Beber Camat Guntur

Program ini mendapat apresiasi dari masyarakat. Hal ini dipicu karena program ini adalah program pusat khususnya dari kementerian Pertanian RI yang tak lain Kabupaten Gorontalo adalah sebagai daerah percontohan dari daerah lain di Indonesia.

Oleh karena itu, Karena ini program nasional yang dipercayakan kepada pemerintah Kabupaten Gorontalo maka tekad kita bersama untuk mensukseskannya.

“Kami Pemerintah kecamatan hingga kelurahan bersama masyarakat siap mensuseskannya dan berharap juga untuk daerah lain di Kabupaten Gorontalo wilayah percontohannya adalah kecamatan Limboto,” Tutup Nelson.(*)

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top