APBD Kabupaten Gorontalo Alami Kenaikan – REPUBLIKPOS.COM
Daerah

APBD Kabupaten Gorontalo Alami Kenaikan

LIMBOTO (REPUBLIKPOS) – Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo menyebutkan, saat ini APBD-P Pemerintah Kabupaten Gorontalo sudah mulai dibahas. Pada pembahasan ini APBD-P Kabupaten Gorontalo mengalami kenaikan dari 1,4 Triliyun sekarang sudah hampir 1,6 triliun, jadi terjadi kenaikan kurang lebih 200 miliyar.

Kenaikan itu terjadi pertama, Kata Bupati Nelson dari Pendapatan asli daerah (PAD). Dimana PAD kita itu naik hampir 80 miliyar. Dari 119 miliyar menjadi 199 miliar, “jadi kurang lebih 80 miliyar, peningktan PAD kita sangat luar biasa,” Kata Nelson.

Kedua, dari dana bagi hasil yang kita dapatkan dari pusat termasuk tambahan-tambahan lainnya. Prioritas utama bagi kepentingan masyarakat umum terutama pertanian dan berbagai kegiatan lainnya. “Pertanian itu bukan pertanian saja, tetapi ada peternakan, perikanan, dan sebagainya serta kegiatan umum,” Kata Nelson.

Kenaikan kedua dikarenakan infrastruktur banyak karen dalam rangka menyikapi harapan masyarakat termasuk irigasi didalamnya. Kemudian ketiga, kaitannya tenaga honor kita yang terus naik. Maka peningkatan SDM terus kita lakukan.

“Dan itu biasanya cepat dilakukan,karena APBD-P itu harus mempertimbangkan waktu. Waktu kita kurang, katakanlah September ini selesai, kurang tiga bulan. Maka, seluruh proyek-proyek tidak ada proyek-proyek fisik yang besar-besaran, dia hanya lebih banyak pemeliharaan, hanya pada aspirasi terbatas dari masyarakat dan kedua operasional pemerintahan,” Ujarnya.(*)

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top