Gorontalo Siap Berpartisipasi Penerimaan CPNS 2018 - REPUBLIKPOS.COM
Daerah

Gorontalo Siap Berpartisipasi Penerimaan CPNS 2018

JAKARTA (REPUBLIKPOS) – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia menyelenggarakan Rapat Koordinasi Penyampaian Rincian Penetapan Kebutuhan (formasi) PNS dan Persiapan Pengadaan CPNS Tahun 2018 di Birawa Assembly Hall Jakarta, Kamis, 6 September 2018. Rapat yang berbasis pada kompetensi, serta bersifat bersih, objektif, transparan, kompetitif dan bebas dari unsur korupsi, kolusi dan nepotisme.

Kegiatan ini dihadiri oleh Sekretaris Daerah Provinsi/Kabupaten/Kota seluruh Indonesia, Pejabat Kepegawaian Daerah se-Indonesia serta narasumber yang merupakan ahli di bidangnya, antara lain Deputi SDM Aparatur, Kepala Badan Kepegawaian Daerah dan Deputi BPKP.

Deputi SDM Aparatur, Setiawan Wangsaatmaja, menegaskan, jalan pembangunan SMART ASN adalah untuk menciptakan Birokrasi Berkelas Dunia yang direncanakan berjalan dalam rentang waktu 2020 – 2024 dengan indikator seperti integritas, nasionalisme, wawasan global, IT & Bahasa asing, Hospitality (Pelayanan), Networking (Jaringan), Enterpreneurship (Kewirausahaan). Beberapa indikator ini tak lain karena adanya faktor eksternal seperti Globalisasi & Persaingan serta tuntutan publik.

“Pelaksanaan ini disesuaikan dengan PERMENPANRB Nomor 36 Tahun 2018 tentang Kriteria Penetapan Kebutuhan PNS dan Pelaksanaan Seleksi CPNS tahun 2018, KEPMENPANRB Nomor 28 Tahun 2018 tentang Kebutuhan PNS secara Nasional tahun Anggaran 2018, dan PERMENPANRB Nomor 37 tahun 2018 tentang Nilai Ambang Batas Seleksi Kompetensi Dasar Pengadaan CPNS tahun 2018,” ungkap Setiawan.

Sementara itu Kepala BKN Republik Indonesia, Bima Haria Wibisana, menyatakan, ada beberapa hal kebijakan seleksi CPNS pada tahun 2018 ini antara lain: Transparan, Akuntabel, Obyektif, Kemudahan Akses Informasi; Peserta Daftar di satu instansi dan satu jabatan formasi (umum atau khusus); jadwal pembukaan pendaftaran serentak instansi pusat dan daerah; satu portal pendaftaran di SSCN BKN; penyerahan dokumen persyaratan secara elektronik; verifikasi formasi dan pengumuman oleh TIM KEMENPANRB serta pilihan bebas bagi para Peserta terhadap lokasi tes CAT.

Selain itu, Deputi Kepala BPKP Bidang PIP Bidang Polhukam PMK menambahkan dalam paparannya mengenai Tugas Tim Pengarah penerimaan CPNS 2018 yang disesuaikan dengan SK Menteri PANRB Nomor 16 Tahun 2018 tentang Panitia Seleksi Nasional Pengadaan PNS Tahun 2018; Tugas Tim Pengawas yang disesuaikan dengan SK Menteri PANRB Nomor 16 Tahun 2018 tentang Panitia Seleksi Nasional Pengadaan PNS Tahun 2018 (Diktum Kesebelas); serta Tugas Tim Audit Teknologi yang disesuaikan dengan SK Menteri PANRB Nomor 16 Tahun 2018 tentang Panitia Seleksi Nasional Pengadaan PNS Tahun 2018.

Dalam kesempatan ini pun, Penjabat Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo Dr. Anis Naki yang hadir sebagai peserta Rapat Koordinasi Penyampaian Rincian Penetapan Kebutuhan (formasi) PNS dan Persiapan Pengadaan CPNS Tahun 2018, menyampaikan bahwa, kegiatan perekrutan calon pegawai negeri sipil ini di Gorontalo akan sama seperti yang telah dijelaskan oleh para narasumber dalam kegiatan tersebut. Antara lain pendaftaran akan dimulai pada 19 september 2018, Seleksi Kompetensi Dasar dan Seleksi Kompetensi Bidang akan dilaksanakan secara daring pada 16 – 20 Oktober 2018. Sedangkan untuk pengumuman hasil pelaksanaan penerimaan CPNS Pemerintahan Daerah akan dilaksanakan pada 30 November 2018.

“Untuk Provinsi Gorontalo dan sekitarnya, kami mengusulkan formasi sebanyak 2117 orang, tetapi belum tahu apakah usulan ini akan dipenuhi atau tidak. Hal ini sama halnya seperti yang dijelaskan oleh Deputi SDM Aparatur, kami pun akan memprioritaskan guru dan tenaga kesehatan untuk semua bagian daerah di Gorontalo,” ungkap Ridwan Yasin.

Ridwan yang menjabat sebagai Kepala Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Gorontalo ini berharap, hal penerimaan CPNS ini berjalan sesuai yang dicita-citakan oleh semua pihak dan para peserta bisa lulus untuk semua tahapan seleksi.

Penulis : SZN

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top