Tingkatkan Kualitas, Pemkab Gorontalo Ikutkan120 Aparatnya Pelatihan Pelayanan Publik - REPUBLIKPOS.COM
Daerah

Tingkatkan Kualitas, Pemkab Gorontalo Ikutkan120 Aparatnya Pelatihan Pelayanan Publik

LIMBOTO (REPUBLIKPOS) – Dalam rangka meningkatkan kompetensi,pengetahuan ,keahlian ,keterampilan dan sikap perilaku aparatur dalam rangka penyelenggaraan pelayanan publik yang profesional sesuai dengan ketentuan yang berlaku, Sebanyak 120 orang aparatur sipil negara (ASN ) yang terdiri 60 orang PNS dan 60 orang tenaga kontrak perwakilan dari seluruh OPD Di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Gorontalo mengikuti Pelatihan Pelayanan Publik,Senin (27/08).

Kegiatan yang berlangsung di Gedung BP Paud Dikmas Gorontalo, Kecamatan Telaga Biru ini, dibuka secara resmi Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo dan turut dihadiri oleh Sekda Kabgor Ir. Hadijah U Tayeb, Asisten III Drs.Hen Restu, Kepala BKD Kabupaten Gorontalo Safwan Bano, dan sejumlah Pimpinan OPD serta camat.

Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo mengatakan bahwa terkait pelayanan terhadap masyarakat harus melalui pelatihan yang profesioanl. Karena dalam pelayanan yang profesional itu, aparat harus benar-benar memahami apa yang dilakukan, dan harus punya pengetahuan, ketersampilan dan berprilaku baik dalam menjalankan tugas pokok dan fungsinya.

“Maka dalam rangka meningkatkan pelayanan publik ada beberapa hal yang harus kita rubah. Pertama, yang paling menentukan adalah sumber daya manusia (SDM). SDM ini tidak hanya berlaku bagi Pegawai Negeri Sipil tetapi juga Non PNS,” ungkap Nelson.

Oleh karena itu, Nelson menegaskan bahwa sangat penting bagi pemerintah daerah untuk mengembangkan kualitas pelayanan dan komptetansi aparatur mereka melalui diklat.

Nelson mengungkapkan bukan saja mengembangkan SDM mereka,tetapi yang kedua penyetaraan antara pegawai negeri sipil dan non pegawai, “harus sama, apalagi dengan pengangkatan hari ini sulit, maka mereka (NON ASN) menjadi ujung tombak,” Ungkap Neslon.

Nelson menuturkan, Pemerintah Kabupaten Gorontalo secara bertahap melakukan ini termasuk dilibatkan dalam pelatihan saat ini, kelihatannya hal ini baru dilakukan sehingga tidak ada beda lagi antara PNS dan Non PNS ” Ungkap Nelson.

Sementara itu kepala BKD-DIKLAT Kabupaten Gorontalo menambahkan, tujuan pelaksanaan pelatihan ini untuk meningkatkan kemampuan melaksanakan kebijakan-kebijakan di bidang pelayanan dan mampu untuk menerapkan strategi pelayanan prima dalam pengelolaan pelayanan publik.

“Adapun materi struktur kurikulum dalam pelatihan pelayanan publik adalah, kebijakan pelayanan publik, etika ASN, budaya kerja ASN, manajemen, konsep dan pola penyelenggaraan pelayanan publik, dan standar pelayanan publik, indeks kepuasan masyarakat, pengelolaan pengaduan masyarakat dan startegi peningkatan kualitas pelayanan publik,” Jelasnya.

Pelatihan pelayanan publik dilaksanakan sebanyak 2 angkatan yang akan dilaksanakan pada tanggal 27 agustus hingga 1 September 2018. Untuk tenaga non PNS akan dilaksanakan 27 sampai 29 Agustus 2018 dan untuk PNS akan dilaksanakan pada angkatan kedua yakni tanggal 30 Agustus sampai i September 2018.

“Meteri pembelajaran yang digunakan adalah ceramah, pemaparan materi, tanya jawab, diskusi dan presentasi kelompok serta pembahasan studi kasus dimana objek studi kasus berasal dari organisasi peserta latihan dan setiap kasus diselesaikan secara individu,” uutup Safwan Bano.(hms)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top