Inovasi Desa Di Gorut Penting Bagi Pengembangan Ekonomi Lokal - REPUBLIKPOS.COM
Uncategorized

Inovasi Desa Di Gorut Penting Bagi Pengembangan Ekonomi Lokal

Bupati Indra Yasin saat membuka sosialisasi P2KTD dan TIK PID Gorut. Foto: Humas.
alterntif text

GORUT (REPUBLIKPOS) – Dalam membuka kegiatan sosialisasi penyedia peningkatan kapasitas teknis desa atau P2KTD dan rapat koordinasi tim inovasi Gorontalo Utara, Bupati Indra Yasin mendorong pemanfaatan dana desa lebih dimaksimalkan lagi. “Ya, ini penting sesuai arahan bapak Presiden, membangun dari pinggiran, membangun dari desa,” tukasnya saat memberikan sambutan dipembukaan acara tersebut.

Lebih lanjut Bupati menyampaikan, bahwa dari keadaan geografis Gorontalo Utara, ada 87 desa memang yang terletak di daerah pesisir dari 123 desa, membutuhkan peran pemerintah untuk terus didorong semaksimal mungkin.

“Ini dalam rangka menggenjot pembangunan yang ada, hingga kemudian dilaporkan seintens mungkin sejauh mana perkembangan,” paparnya.

Dengan memaksimalkan Dana desa betul betul kita manfaatkan dengan sebaik mungkin untuk membangun desa. “Saya berharap didesa ada yg perlu kita kembangkan, dengan mencari inovasi inovasi,” papar Bupati.

Dana desa ada perlu kreativitas mengelolanya untuk sebuah dan inovasi bagi pembangunan desa dgn memperhatikan kompetensi disetiap desa yang ada untuk lebih produktif bagi peningkatan kesejahteraan rakyat.

“Di daerah kita banyak yg bisa dikembangkan, sepeti gula merah aren, singkong, dan krepek pisang. Ini perlu dibuat inovasi untuk menumbuhkan ekonomi kreativitas, dengan pemanfaatan dana desa yang ada,” pungkasnya.

Sementara itu, Asma rahim Spd, selaku sekretaris tim program inovasi desa Gorut dalam membuka acara tersebut mengatakan, kegiatan ini adalah memperkenalkan keberadaan P2KTD untuk stakeholder terkait dalam mendukung program inovasi desa khususnya dibidang pengembangan ekonomi lokal dan kewirausahaan, pengembangan SDM (PAUD dan Posyandu serta pembangunan infrastruktur desa.

“Sosialisasi ini akan digelar tiga hari mulai hari ini hingga 29 Agustus nanti. Diikuti 46 peserta P2KTD dan TIK PID. Harapan kami, semoga ini akan sangat bermanfaat bagi pembangunan desa, khususnya yang berkenaan dengan pengembangan potensi desa yang ada di Gorontalo Utara,” tutup Asma Rahim.(*)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top