Bupati Nelson Jadi Keynote Speaker Di UGM Yogyakarta - REPUBLIKPOS.COM
Uncategorized

Bupati Nelson Jadi Keynote Speaker Di UGM Yogyakarta

alterntif text

JOGJA (REPUBLIKPOS) – Bupati Gorontalo Prof. Dr. Nelson Pomalingo menjadi keynote speaker dalam acara penguatan kerja sama KKN UGM dan CDSR-PSe.UGM di Hotel University Club Yogyakarta, Senin 27 Agustus 2018. Workshop ini dihadiri 80 kabupaten, perusahaan dan universitas.

Dalam sambutannya, Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo memberikan apresiasi terhadap kepercayaan UGM untuk menjalin kerja sama dengan pemerintah Gorontalo, yaitu di bidang pengembangan energi terbarukan melaui CDSR (center for development suistinable region).

“Saya sangat mendukung kolaborasi penelitian UGM dan berharap ada banyak penelitian yang bisa diaplikasikan untuk menyelesaikan permasalahan di Gorontalo,” kata Nelson Pomalingo.

Center for Development Suistinable Region merupakan Pengembangan itu didanai oleh United Stated Agency for International Development melalui SHERA (Suistinable higher education Research alliance), kerja sama antara Kabupaten Gorontalo, UGM, UNG dan UMGo.

“CDSR bertujuan untuk mengimplementasikan sistem energy hybrid efisiensi energi beserta jejaring pendukungnya guna membangun kepulawan tropis yang berkelanjutan. Dimana dalam peogram CDSR ini UGM menjadi lead dan UNG serta UMGO adalah universitas afiliasi,” beber Nelson.

Nelson melanjutkan, apresiasi terhadap kerja sama dan program ini akan ia tindaklanjuti di lingkup Pemkab Gorontalo. “Realisasi program kerja sama ini akan ditindaklanjuti di Litbang Kabupaten Gorontalo,” tutup pria yang pernah menjadi pengurus Badan Akreditas Pusat Ini.

Kiprah Bupati Gorontalo Prof. Nelson Pomalingo semenjak menjabat Bupati Gorontalo tahun 2016 lalu memang selalu mendapat perhatian dari pemerintah pusat. Perhatian ini juga didapat dari tingkat nasional, regional bahkan internasional.

Sebelumnya Bupati Nelson Pomalingo telah seringkali menjadi narasumber, ketika memaparkan penanganan Stunting, memaparkan Perubahan iklim di Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup, serta pemaparan program perubahan iklan daerah di Jerman.

Kegiatan workshop ini merupakan hasil kolaborasi direktorat pengabdian kepada masyarakat dengan Universitas Gajah Mada yang dikemas dalam workshop penguatan kerja sama dan kemitraan kegiatan pengabdian kepada masyarakat.

Kegiatan ini juga dihadiri para kepala-kepala litbang se-Indonesia termasuk kaban litbang Kabupaten Horontalo, Dr. Zainal Abidin Umar. M.Si dan bagian Kabag Kerja sama Global Kabupaten Gorontalo Dewi Nani SH, MH.

Turut hadir pada workshop ini Ketua LPPM UNG Prof. Dr. Fenty Puluhulawa, Ketua Pusat Studi Energi dan Sumber Daya Alam Dr. Sc.Yayu Indriati Arifin, Rektor UMGO Dr. dr. Isman Yusuf, dan Ketua LPPM UMGo Dr. Yuzsda Salimi.(*)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top