Diskominfo Kabgor Gelar Pelatihan Teknologi Informasi dan Komunikasi - REPUBLIKPOS.COM
Daerah

Diskominfo Kabgor Gelar Pelatihan Teknologi Informasi dan Komunikasi

LIMBOTO (REPUBLIKPOS) – Guna memenuhi permintaan SDM dan berkeahlian Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang cukup tinggi, Mengingat menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) yang merupakan tantangan besar di lingkup persaingan global Pemerintah Kabupaten Gorontalo melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) melaksanakan pelatihan sekaligus pemberian sertifikasi Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) berlangsung di Hotel Maqna, Kota Gorontalo, Minggu (26/08).

kegiatan ini dikerjasamakan dengan Balai Pengembangan SDM dan Balai Penelitian Kominfo (BPSDMP KOMINFO) Sulawesi Utara dan UPT Balitbang SDM kementrian KOMINFO RI.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Gorontalo Azis Nurhamidin mengatakan, kegiatan ini sangat strategis untuk dilaksanakan upaya untuk pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) di sektor Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK )

“Kami mengikutsertakan 75 peserta sekaligus diberikan sertifikasi Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI).Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan selama tiga hari dan nantinya akan dibagi dalam tiga kelas sesuai keahlian mereka masing-masing,mereka berasal dari Kabupaten Gorontalo dan ada beberapa dari kabupaten/kota se-Provinsi Gorontalo”.” Kata Azis.

Azis menuturkan,kegiatan pelatihan ini sebagai modal pemerintah Kabupaten Gorontalo guna menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA),tetapi yang paling utama sebagai pemenuhan permintaan SDM dengan keahlian TIK yang mumpuni.

Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo ditemui usai membuka kegiatan ini, mengapresiasi apa yang dilaksanakan dinas Kominfo bersama Balai Penelitian Kominfo dan UPT balitbang Kominfo RI. Dirinya mengungkapkan, kegiatan ini sangat luar biasa karena membangun standar-standar kaitanya sertifikasi khususnya TIK.

Khusus Gorontalo, Nelson menambahkan, ini merupakan kesempatan agar mereka tidak sekedar membangun dirinya baik pengetahuan, keterampilan tetapi juga harus punya sertifikat juga karena biasanya ditempat kerjanya sertifikat ini adalah bagian yang diminta.

“Ini kesempatan yang baik bagi kita semua dan kami Pemerintah Kabupaten Gorontalo selama ini sudah melakukan kerja sama dengan Balai Penelitian Kominfo Manado, tahun lalu melakukan riset bagaimana kompetensi ASN dan hari ini sertifikasi dan insya Allah tahun ini juga sudah mulai menyusun RIP secara bersama agar kita punya arah membangun komunikasi di bidang TIK,” Jelas Nelson.

Nelson menuturkan, setelah mengikuti dan memperoleh sertifikat para peserta ini tidak dibiarkan begitu saja. Pemerintah daerah akan memfasilitasi, sambil juga mengundang Dinas Tenaga Kerja.

“Sambil mereka disertifikasi tapi juga difasilitasi mendapatkan lapangan pekerjaan dan ini bagian penting bagi indistri agar supaya mereka dengan mudah mendapatkan pekerjaan,” Tandas Nelson.(hms)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top