Indra Yasin Canangkan Program GEMAR CETING di Gorut - REPUBLIKPOS.COM
Daerah

Indra Yasin Canangkan Program GEMAR CETING di Gorut

GORUT (REPUBLIKPOS) – Bupati Gorontalo Utara Dr. Hi. Indra Yasin, MH mencanangkan Program Gerakan Masyarakat Cegah Stunting (Gemar Ceting) di Kabupaten Gorontalo Utara, Sabtu (25/8) kemarin.

Kegiatan Pencanangan Program Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo dan Kabupaten Gorut ini dimulai dari Kecamatan Tolinggula. Bupati Indra yang turut didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Gorut, Dra. Reni Yasin Hiola, Anggota DPRD Gorut, Sekda Gorut, Camat Tolinggula dalam sambutannya mengungkapkan Stunting merupakan masalah kurang gizi kronis yang disebabkan oleh asupan gizi yang kurang dalam waktu cukup lama akibat pemberian makanan yang tidak se­suai dengan kebutuhan gizi.

upaya perbaikan gizi masyarakat termasuk stunting menurut Bupati harus di dukung dari berbagai lintas sektoral yang melibatkan berbagai komponen dalam masyarakat.

“Sehingganya dengan Pencanangan Program Gema Ceting ini diharapkan dapat menekan angka Stunting dan gizi buruk ibu dan anak di Kabupaten Gorut”, ungkap Bupati Indra Yasin.

Bupati Indra menambahkan, upaya gerakan masyarakat pada 1000 hari Pertama Kehidupan (HPK) ini tidak hanya diketahui petugas kesehatan saja, namun untuk mengkampanyekan makan-makanan sehat dan Pola Hidup Bersih dan sehat (PHBS) yang dimulai dari keluarga dan masyarakat khususnya di Kabupaten Gorut.

Bupati pun mengimbau agar dalam 1000 HPK menerapkan beberapa program, di antaranya pemberian tablet untuk ibu hamil, ASI eksklusif dan MPASI. Kemudian memberikan sosialisasi gerakan kadarzi dan melakukan koordinasi lintas sektoral yang melibatkan seluruh masyarakat.

“Saya mengharapkan angka stunting di Kabupaten Gorut bisa ditekan serendah-rendahnya. Dan tujuan Program Kesehatan di Kabupaten Gorut pada tahun 2019 nanti yakni eliminasi Penyakit TBC dan Gizi Buruk”, pungkas Bupati Indra Yasin.

Pada akhir kegiatan Bupati menandatangani Pakta Integritas program Gemar Ceting dan menyerahkan berbagai bantuan dan hadiah kepada Masyarakat khususnya Balita dan Ibu hamil di Kecamatan Tolinggula.(*)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top