Bupati buka Rapat Kelompok Pokja Kampung KB tingkat Kabupaten Gorut - REPUBLIKPOS.COM
Daerah

Bupati buka Rapat Kelompok Pokja Kampung KB tingkat Kabupaten Gorut

alterntif text

GORUT (REPUBLIKPOS) – Upaya pemerintah daerah dalam mengendalikan pertumbuhan penduduk serta menjalankan Program Keluarga berencana tak lepas dari peran serta seluruh komponen terkait baik ditingkat dusun, desa maupun Kecamatan. Penyuluhan KB oleh para penyuluh pun dirasakan belum begitu efektif bagi masyarakat. Sehingganya, keberadaan Kampung KB yang merupakan Program Nasional yang mulai diterapkan sejak tahun 2017 lalu di Kabupaten Gorut diharapkan mampu menjadi solusi yanh baik dalam pengendalian penduduk serta peningkatan Kesejahteraan masyarakat.

Hal tersebut senada dengan penyampaian Bupati Gorontalo Utara, DR. Hi. Indra Yasin, MH
Saat membuka Rapat Kelompok Kerja (Pokja) Kampung Keluarga Berencana (Kampung KB) tingkat Kabupaten Gorontalo Utara Tahun 2018, Kamis (24/8) kemarin.

Kegiatan yang dilaksanakan di Ruang Pola Kantor Bupati Gorut ini dihadiri Pihak BKKBN Provinsi Gorontalo, dinas PP dan KB Gorut, seluruh pengurus Kampung KB, unsur terkait, Camat, serta pimpinan OPD dilingkungan Pemda Gorut. Dalam sambutannya, Bupati Indra Yasin menyampaikan fungsi penyuluh KB yakni pengendalian percepatan penduduk dengan menekankan program 2 atau 3 anak cukup.

“Dalam setiap pengendalian penduduk harus ada jarak dan waktunya. Sehingganya, Pemerintah berupaya kembali mengendalikan penduduk yang sudah mencapai 260 juta jiwa se-Indonesia. Olehnya, saya berharap semua Program pemerintah harus mengarah kesana (Kampung KB). Dengan demikian Secara bertahap pemerintah dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat”, jelas Bupati.

Selain itu, program Kampung KB harus Bersentuhan langsung dengan Program pemerintah desa. Contohnya Program Jamban di setiap desa, perlu di sosialisasikan melalui Kampung KB. Begitu pula Program lainnya seperti program Desa Terang Setiap desa 10 unit patut dikawal bersama.

“Sehingganya, Keterlibatan pemerintah desa maupun Kecamatan dan stake holder sangat diharapkan, untuk jalannya program keluarga yang terencana dan sejahtera”, pungkas Bupati Indra Yasin.(*)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top