Perusahaan Ini Di Demo Gegara Tidak Asuransikan Karyawannya - REPUBLIKPOS.COM
alterntif text
Daerah

Perusahaan Ini Di Demo Gegara Tidak Asuransikan Karyawannya

GORONTALO (REPUBLIKPOS) – Ratusan masyarakat bersama kayawan melakukan aksi unjuk rasa didepan pabrik PT. Tri Jaya Tangguh, Desa Motoduto Kecamatan Boliyohuto Kabupaten Gorontalo, Senin (20/8)

Dari pantauan awak Repubikpos, massa yang berjumlah kurang lebih dua ratus orang ini membawa tulisan-tulisan tuntutan. Demonstran juga melakukan aksi bakar ban tepat di pintu gerbang perusahaan.

Dalam orasinya Abdul Wahyudin, koordinator masa aksi menuntut pihak perusahaan yang melakukan pemberhentian hubungan kerja kepada salah satu karyawan produksi, penyelesaian hak-hak tenaga kerja, seperti Jaminan Keselamatan Kerja, Jaminan Kematian dan BPJS Tenaga Kerja.

“Tuntutan ini harus segera diselesaikan, jika tidak perusahaan silakan angkat kaki dari Bumi Gorontalo,” teriak abdul yang disambut seluruh masa aksi.

Perusahaan dinilai tidak punya itikat baik terhadap para karyawan, pemenuhan dari hak-hak karyawan yang telah mengabdikan diri mereka kepada perusahaan enggan diberikan, malah langsung diberhentikan.

Dari informasi yang berhasil dihimpun dari beberapa karyawan yang menolak disebut namanya. Sekitar lima orang yang diwawancarai mengungkapkan bahwa benar selama ini mereka tidak mempunyai BPJS. Padahal, mereka sudah berkerja hampir tiga tahun di perusahaan itu. Bahkan, mereka menggambarkan bahwa bekerja di perusahaan itu layaknya penjara yang peraturannya semena-mena dilakukan pihak perusahaan.

“Tidak ada yang menjamin keselamatan kami. Malah, jika kami salah sedikit saja. Langsung diancam akan diberhentikan, makanya kami takut dan diam,” kata mereka.

Saat dikonfirmasi, HRD PT. Tri Jaya Tangguh, Ismu H. Mulyo membantah seluruh tudingan dari masa, dengan mengatakan bahwa tuntutan tersebut tidak substansial dan tidak benar.

“Kami juga telah berbicara dengan perwakilan masa aksi tadi. Dan berapa persoalan sudah mendapat titik temu, tapi ada berapa yang belum kelar. Akan dilanjutkan dengan pertemuan di Dinas Ketenagakerjaan,” jelas ismu

Dirinya menegaskan jika diminta untuk angkat kaki dari Gorontalo, dengan senang hati perusahaan akan keluar dari bumi Gorontalo.

Dalam unjuk rasa itu, hadir juga pihak Disnaker Kabupaten Gorontalo. Demonstrasi itu berjalan aman, karena dikawal ketat oleh puluhan pihak kepolisian Polres Gorontalo.

PENULIS: Even Makanoneng

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top