Kesehatan Hewan Qurban Dijamin OPD Terkait - REPUBLIKPOS.COM
Daerah

Kesehatan Hewan Qurban Dijamin OPD Terkait

GORUT (REPUBLIKPOS) – Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Nakeswan) Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut) akan melakukan pengawasan terhadap kesehatan hewan qurban baik sebelum hewan qurban disembelih maupun setelah disembelih. Hal tersebut sebagaimana yang disampaikan oleh Kepala Dinas Nakeswan Kabupaten Gorut, Asrin Umenu. “Untuk itu, kami telah mengirim surat ke pemerintah kecamatan terkait dengan kepentingan pelaksanaan qurban” ungkapnya.

Lebih lanjut dikatakan bahwa dari tahun ketahun, pelaksanaan pemotongan hewan qurban selalu mendapatkan perhatian yang serius dari pihaknya. “Pihak dinas selalu melakukan pemantauan dan juga pemeriksaan kesehatan hewan yang akan diqurbankan. Hal tersebut untuk memastikan hasil produksi dari hewan qurban tersebut.” Kata Asrin.

“Yang disembelih tersebut kan hewan dan produksinya adalah daging. Kami dari dinas ingin memastikan baik hewan maupun produksi daging tersebut sehat dan memenuhi persyaratan baik itu dari sisi agama maupun sisi kesehatan hewan itu sendiri” sambungnya.

Disisi lain, drh. Yeni Retno Wati selaku Kasie Kesmavet, Pengolahan dan Pemasaran,  mengatakan bahwa pihaknya telah siap untuk melakukan pemeriksaan kesehatan hewan qurban. “Dan itu akan dilaksankaan sehari sebelum pemotongan dan setelah pemotongan” ungkapnya. Pemeriksaan sebelum pemotongan itu meliputi pemeriksaan gigi dan yang lainnya. Satu hal yang perlu juga diperhatikan bahwa untuk hewan qurban itu umurnya harus 2 (dua) tahun. “Untuk pemeriksaan setelah dipotong, kami ingin memastikan bahwa daging maupun organ lainnya juga sehat dan tidak mengandung cacing hati maupun hal lainnya” jelasnya.

Olehnya, kata Yeni, Pengolahan dan Pemasaran, pihaknya masih akan menunggu daftar hewan qurban dan juga lokasi pemotongan akan dilakukan. “Agar pemeriksaan maksimal dilaksanakan, pihak dinas akan membentuk kelompok agar dapat melaksanakan pemantauan dan pemeriksaan secara serentak” pungkasnya.

PENULIS: Matris Salim

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top