Hadiri Malam Renungan Suci, Gubernur Sayangkan Hal Ini Terjadi - REPUBLIKPOS.COM
Daerah

Hadiri Malam Renungan Suci, Gubernur Sayangkan Hal Ini Terjadi

GORONTALO (REPUBLIKPOS) – Gubernur Gorontalo Rusli habibie didampingi Wakil Gubernur dan Kapolda Gorontalo menghadiri malam Renungan Suci dalam rangka Peringatan HUT Ke-73 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) di Taman Makam Pahlawan, Kelurahan Pentadio Barat, Kecamatan Telaga Biru Kabupaten Gorontalo, Kamis (16/8/2018)

Apel Kehormatan dan Renungan Suci di Taman Makam Pahlawan (TMP), ini tepat dilaksanakan pada Pukul. 23:00 WIB yang akan diikuti Walikota Gorontalo, Setda Gorontalo, unsur TNI, Polri dan Instansi lainya.

Pantauan republikpos.com di Taman Makam Pahlawan (TMP), setelah mengikuti prosesi apel. Terlihat sejumlah keluarga dari para pejuang daerah duduk disamping kubur mengikuti prosesi doa dan penyalaann lilin. Diperkirakan sekitar 500 orang mengikuti kegiatan tersebut.

Ditemui sejumlah awak media, Gubernur Gorontalo mengatakan, Sudah 73 Tahun saya bersama seluruh masyarakat menghirup udara kemerdekaan. Jika kita bayangkan 73 Tahun lalu tidak berjuang seperti sekarang mungkin kita semua tidak menghirup udara kemerdekaan. Karena apa, karena kemerdekaan republik indonesia itu hasil dari perjuangan.

“Bukan hadiah atau pemberian dari negara-negara penjajah, sehingga harus kita syukuri dan kita isi dengan tujuan untuk mensejahterahkan masyarakat indonesia,” papar rusli

Selain itu menyampaikan, salah satu bentuk kemerdekaan yang telah dirasakan oleh masyarakat gorontalo adalah keamanan, karena TNI-Polri menjaga kita semua. Kedua, sekarang kita sudah dihadapkan dengan keterbukaan oleh negara dan diberikan hak yang sama.

“Dibandingkan dengan zaman dulu, hanya orang-orang terdekat saja yang sejahtera atau mengenyam bangku pendidikan, sekarang di gratiskan oleh pemerintah,” Ujar rusli

Rusli mengatakan, Pesan saya kepada para pemuda pemerus bangsa, jika dulu pahlawan kita berhasil mengusir penjajah. Sekarang tugas pemuda adalah mengusir kebodohan serta kemiskinan.

“Jangan biarkan kebodohan menyelimuti pemuda. Karena pemuda adalah kunci perubahan bangsa yang besar.” Tegas rusli

Gubernur Gorontalo dua periode ini menyesalkan atas ketidak hadiran beberapa kepala daerah.

“Saya tidak tau apakah mereka diundang atau tidak, yang saya lihat hanya pemerintah tingkat II yang hadir, yakni Walikota Gorontalo. Tapi kalo tidak hadir dengan alasan yang tidak jelas, saya pertanyakan dimana nilai-nilai nasionalisme mereka, Ujarnya sambil tersenyum.

PENULIS: Even Makanoneng

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top