Tanggapi Tapal Batas, Pemda Gorut Bentuk Tim Khusus - REPUBLIKPOS.COM
Daerah

Tanggapi Tapal Batas, Pemda Gorut Bentuk Tim Khusus

GORUT (REPUBLIKPOS) – Pemerintah Daerah Gorontalo Utara akan membentuk tim khusus untuk menangani persoalan tapal batas Kabupaten Gorontalo Utara (Provinsi Gorontalo) dengan Kabupaten Buol (Provinsi Sulteng). Keputusan itu lahir dalam Focus Group Discussion (FGD) tentang kajian Tapal Batas antara Gorut-Buol, Rabu (15/8/2018) di Ruang Pola Kantor Bupati Gorut.

Bupati Indra Yasin sepakat bersama-sama dengan Unsur Forkominda Gorut untuk membentuk tim Khusus tapal batas antar kedua wilayah tersebut. “Tim ini nantinya akan mengumpulkan data, fakta serta Landasan otentik dari batas wilayah Gorut,” beber Indra Yasin.

Menurutnya, pemerintah daerah saat dituntut oleh pihak kemendagri agar segera melakukan langkah-langkah startegis dalam mengumpulkan data dan fakta terkait persoalan Tapal Batas antar Kedua Daerah Kabupaten Tetangga di Sulawesi.

Indra Yasin melanjutkan, batas waktu dari Kemendagri tanggal 10 September sudah harus selesai mengumpulkan data-data dan dokumen tentang tapal batas kedua wilayah. “Sehingga jangan ada keputusan yang merugikan pemda Gorut pada tanggal 10 Sepetember nanti di kemendagri.

Tim yang terbentuk nantinya dari unsur Ketua KPK Gorut Pak Thariq modanggu, unsur Pemerintah Provinsi Gorontalo, Camat Tolinggula, kepala desa yang terkait di perbatasan, forum Muspida, TNI/Polri, dan Tokoh masyarakat, adat, agama serta Pelaku sejarah Daerah Gorut.

Sementara itu, Ketua KPK Gorut, Thariq Modanggu menjelaskan sejak daerah Gorut terbentuk sudah ada aturan yang jelas dalam pengaturan Tapal batas wilayah antara Provinsi Gorontalo dengan Sulut dan Sulteng. Akan tetapi berbagai perubahaan regulasi tentang permendagri membuat batas wilayah kembali dipersoalkan.

“Oleh karenanya kami yang termasuk dalam tim khusus tapal batas wilayah ini akan segera merampungkan berbagai data, fakta dan sejarah dilapangan guna mempertahankan kesatuan wilayah Kabupaten Gorut, sebagai bagian dari Provinsi Gorontalo,” imbuh Thariq Modanggu.(*)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top