Kabupaten Gorontalo Miliki Command Center - REPUBLIKPOS.COM
alterntif text
Daerah

Kabupaten Gorontalo Miliki Command Center

GORONTALO (REPUBLIKPOS) – Kabupaten Gorontalo akhirnya memiliki fasilitas Command Center atau ruang kendali dan integrasi Aplikasi Organisasi Perangkat Daerah Pemerintah. Fasilitas itu dibangun dibekas gedung RPD dan diberi nama Gemilang Command Center (GCC). Pada Rabu (15/8/2018), Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo meninjau langsung lokasi tersebut.

Dalam sambutannya, Bupati Nelson mengatakan bahwa fasilitas Command Center sebagai langkah maju bagi Dinas Kominfo dalam menyesuaikan perkembangan sistem pemerintahan berbasis elektronik. Menurut Nelson, hadirnya fasilitas itu diharapkan akan lebih menggairahkan OPD untuk berinovasi membuat terobosan. Minimal bisa sejajar dengan Kabupaten/Kota yang sudah maju dalam pelayanan publik.

“Kita sudah punya fasilitas Gemilang Command Center yang bisa mengairahkan OPD untuk terus melakukan penyesuaian perkembangan. Apalagi ada fasilitas CCTVnya. Kedepan boleh dikembangkan lagi dengan fasilitas call center kerjasama dengan yang berwajib,” jelas Nelson.

Dari 15 aplikasi yang tersedia, Bupati Nelson lebih tertarik pada aplikasi Lapor. Menurutnya pengaduan atau laporan masyarakat harus ada tindaklanjutnya dan aplikasi itu bisa menguraikan proses pengaduan hingga selesai dan ditindaklanjuti oleh OPD terkait atau masih dalam tahap proses.

“Aplikasi ini perlu disosialisasikan hinggga ke tingkat dusun, karena ini jalur resmi pengaduan maka harus dimaksimalkan, sehingga kami mengharapkan seluruh pimpinan OPD, camat dan kepala desa harus memiliki aplikasi ini. Dinas Kominfo akan memantau setiap perkembangan, jadi kita maksimalkan lagi meskipun sudah ada edarannya,” tukas Nelson.

Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Gorontalo, Azis Nuhamidin dalam penyampaiannya mengatakan bahwa keberadaan Gemilang Command Center masih jauh dari kesempurnaan, tetapi setidaknya fungsi dasar dari GCC itu sudah terpenuhi. Fasilitas itu berupa 21 CCTV yang tersebar disepanjang jalan dan pusat pemerintahan.

“Dari layanan dasar sebuah Command Center sudah terpenuhi. Proyek itu dibangun dengan anggaran yang cukup tanpa melibatkan pihak lain. Hal itu sebagaimana ungkapan Bupati Nelson bahwa mendahulukan karya agar anggaran bisa mengikuit. Sehingga cita-cita kami membangun DCC menjadi sudah terpenuhi. Bahkan GCC bisa menjadi mata, kaki dan telinga pemerintahan daerah,” tutup Azis.

PENULIS: Even Makanoneng

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top