Djafar Ismail Harap Hewan Qurban Dipastikan Sehat sebelum Disembelih – REPUBLIKPOS.COM
Daerah

Djafar Ismail Harap Hewan Qurban Dipastikan Sehat sebelum Disembelih

foto ilustrasi sapi kurban. (imagesource)

GORUT (REPUBLIKPOS) – Jelang Hari Raya Qurban atau Idul Adha, Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut), Djafar Ismail berharap seluruh hewan yang hendak diqurbankan, terjamin kesehatannya. Instansi terkait, diharapkan dapat melakukan pengawasan yang maksimal.

Pengawasan yang maksimal, kata Djafar, dapat mencegah adanya penyakit hewan ataupun virus yang menyerang hewan ternak. Apalagi, peristiwa yang sama dianggapnya masih ditemui di tahun sebelumnya.

“Olehnya sangat penting untuk melakukan pemeriksaan kesehatan hewan sebelum dilakukan penyembelihan untuk memastikan apakah hewan tersebut sehat atau tidak,” tegas Djafar.

Djafar menjelaskan, Kabupaten Gorut merupakan daerah perlintasan hewan ternak, baik ayam, kambing, dan sapi. Pengawasan intesif di jalur tersebut perlu untuk dilakukan.

“Terhadap lalulintas hewan tersebut juga harus mendapatkan pengawasan yang intensif, jangan sampai hanya hewan yang masuk keluar tersebut hanya membawa virus atau penyakit dan menularkan kepada hewan ternak yang ada di daerah ini,” ujarnya.

Tidak hanya itu saja, penasehat Fraksi PDIP tersebut juga berharap agar para petugas dapat juga melakukan pengawasan pada pasar hewan. Pengawasan, kata dia, penting dilakukan agar hewan ternak yang diperjual belikan khusus untuk kepentingan qurban dapat dijamin kesehatannya dan juga terpenuhi persyaratan dari sisi agama.

Olehnya, pihaknya akan berkoordinasi juga terkait dengan hal ini agar nantinya proses perayaan Hari Raya Qurban dapat berjalan dengan maksimal dan tidak ada hal-hal yang menimbulkan kerugian bagi masyarakat.

PENULIS: Matris Salim

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top