Pemkab Gorontalo Launching Standarisasi Mutu dan Proses Pengolahan Minyak Kelapa - REPUBLIKPOS.COM
Uncategorized

Pemkab Gorontalo Launching Standarisasi Mutu dan Proses Pengolahan Minyak Kelapa

GORONTALO (REPUBLIKPOS) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo, Kementrian PPN/ Bapenas, Pemerintah Kanada dan National Support for Local Investment Climate (NSLIC) melakukan lounching Panduan Standarisasi Mutu dan Proses Pengolahan Minyak Kelapa, di Rumah Dinas Bupati Gorontalo, Senin (13/8/2018).
Penyelenggaraan itu dihadiri perwakilan dari Bappeda, Dinas Pertanian, Dinas Koperindag, perguruan tinggi, Pengusaha dan Instansi terkait lainnya.

Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo mengatakan bahwa langkah yang dilakukan pemerintah daerah ini ada kaitannya dengan pengembangan investasi dan pengembangan unggulan daerah. Tentu semua itu bertujuan untuk mengurangi pengangguran dan kemiskinan.

“Yang telah dibuat oleh NSLIC melalui Bapenas dan Bantuan dari kanada segera akan ditindak lanjuti oleh Pemkab Gorontalo. Sehingga penyebaran dan pendampingannya dapat berkelanjutan,” katanya.

Bupati Nelson berharap apa yang akan dilakukan terbesebut dapat menjadi industri rumahan. Bukan hanya di Kabupaten Gorontalo, langkah ini juga akan dilakukan untuk daerah-daerah lain. “Tapi kami akan lebih fokus untuk kabupaten gorontalo. Daerah lain nanti setelah ini sukses di daerah sendiri,” katanya.

National Support for Local Investment Climate (NSLIC) / National Support for Enchancing Local and Regional Economic Devlopmen (NSELRED) adalah Proyek Dukungan Nasional untuk Pengembangan Iklim Usaha Daerah / Dukungan Nasional untuk Pengembangan Ekonomi Daerah dan Regional.

Ditempat yang sama, Sumedi A. Mulyono dari Kementrian PPN Bapenas menyampaikan bahwa yang dilakukan Bupati Nelson sangatlah baik. Memang yang diperlukan dalam membangun daerah adalah memperkuat pelaku usaha ekonomi ditingkat daerah.

“Nah tugas kami di Bapenas menfalitasi Pemerintah Kanada dan Pemerintah Kabupaten Gorontalo, tentang bagaimana inovasi itu memberikan nilai tambah dan pendapatan kepada masyarakat,” tutur Sumedi.

Program Kerjasama antara Pemerintah Indonesia lewat BAPPENAS dan Pemerintah Kanada melalui Global Affairs Canada (GAC). Proyek ini berfokus pada peningkatan kapasitas bagi pengembangan iklim usaha dan pengembangan ekonomi lokal di provinsi Sulawesi Tenggara dan Provinsi Gorontalo, khususnya Kabupaten Gorontalo.

“Jadi yang dilakukan hari ini baru langkah awal dari sisi produksi pengolahan, selanjutnya bagaimana memperkuat pemasaran perdagangan. Tak hanya itu, melalui proyek NSLIC ini juga kita akan melakukan kerja sama dengan tata bisnis atau Of Tacker yang menghubungkan dengan pasar diluar, sehingga nanti produk olahan kelapa di Kabupaten Gorontalo ini tidak hanya dipasarkan di Gorontalo, tapi bisa dipasarkan diluar negeri sesuai dengan permintaan,” tutup sumedi.

PENULIS: Even Makanoneng

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top