Peningkatan Kualitas SDM Aparat Desa Jadi Perhatian Legislator Gorut – REPUBLIKPOS.COM
alterntif text
Daerah

Peningkatan Kualitas SDM Aparat Desa Jadi Perhatian Legislator Gorut

alterntif text

GORUT (REPUBLIKPOS) – Pengelolaan dan pemanfaatan dana desa selalu menjadi perhatian para legislator di Gorontalo Utara. Bagaimana tidak, anggaran yang angkanya dapat mencapai milyaran rupiah tersebut, jika tidak dikelola dengan baik dan benar dapat berdampak buruk bagi kemajuan daerah, terutama bagi desa.

Untuk itu, sangat dibutuhkan sumber daya manusia yang cukup mumpuni dalam tubuh pemerintahan desa, agar pengelolaan dan pemanfaatan dana desa dapat benar-benar tepat sasaran. “Dalam pengelolaan dan pemanfaatan desa harus disertai dengan kemampuan SDM dari aparatur desa yang mumpuni. Terutama dalam memahami aturan dan juknis yang mengatur tentang mekanisme pengelolaan dana desa,” ujar Djafar Ismail Wakil Ketua DPRD Gorontalo Utara.

Untuk itu, politisi dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan ini sangat berharap agar para aparatur desa terus berupaya untuk meningkatkan kemampuan dan pengetahuan mereka terkait aturan dan juknis dalam pengelolaan dana desa. “Apalagi tugas mereka (aparat desa) itu adalah membantu Kepala Desa dalam menjalankan program dan visi misi pembangunan desanya, serta melayani keinginan masyarakat,” imbuhnya.

Selain itu pula, Djafar berpesan agar pemegang kebijakan pemerintahan desa benar-benar amanah dalam menjalankan roda pemerintahan di desa, dan tidak menyalahgunakan anggaran dana desa yang diperuntukkan bagi kesejahteraan desa dan masyarakatnya. “Bagaimanapun dana desa yang dimanfaatkan itu bersumber dari uang rakyat, dan harus kembali kepada rakyat. Jadi harus benar-benar digunakan untuk kemaslahatan rakyat dan desa,” pungkasnya.

PENULIS: Matris Salim

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top